Arab Saudi Berencana Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030 Bersama Italia

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Verdict

VIVA – Arab Saudi dilaporkan sedang mempertimbangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama Italia. Meskipun, jarak antara kedua negara mencapai lebih dari 2.000 mil.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Proses untuk menjadi tuan rumah turnamen sepakbola paling akbar itu memang masih dalam tahap awal. FIFA pun baru akan memutuskan tuan rumah Piala Dunia 2030 pada tahun 2024 mendatang.

Pada edisi di tahun 2030, Piala Dunia dipastikan akan diikuti 48 tim dan menyajikan 80 pertandingan. Artinya, turnamen tersebut lebih ideal jika diadakan di lebih dari satu negara, seperti yang pada Piala Dunia 2026 nanti, yang digelar di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Menurut laporan The Athletic, Arab Saudi telah bekerja sama dengan perusahaan konsultan globa yang berbasis di AS, Boston Consultancy Group, untuk mengeksplorasi tawaran bersama dengan berbagai opsi. Sejauh ini, yang paling mungkin adalah tawaran bersama dengan Italia.

Laporan itu juga mengatakan bahwa Arab Saudi telah diberi tahu tentang kemungkinan menjadi tuan rumah bersama Maroko dan Mesir untuk membentuk poros Middle East and North Africa (MENA). Akan tetapi, dua negara Afrika Utara itu membutuhkan dana infrastruktur besar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Seperti diketahui, pengaruh Arab Saudi di dunia olahraga dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang setelah menyaksikan tetangga mereka seperti Qatar yang tahun depan akan mengadakan Piala Dunia.

Selain itu, Arab Saudi juga pernah pertarungan tinju bergengsi antara Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jr pada Desember 2019. Di olaharga otomotif, Arab Saudi telah menggelar Reli Dakar dan tahun ini mereka akan menyelenggarakan salah satu Formula 1 untuk pertama kalinya.

Arab Saudi dan Italia diketahui telah menjalin kerja sama strategis di bidang sepakbola khususnya dalam beberapa tahun terakhir. Negara yang dipimpin Raja Salman tersebut sudah dua kali menjadi tuan rumah Piala Super Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya