Para Veteran yang Masih Aktif di J League

Pemain Yokohama FC, Kazuyoshi Miura
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – J League merupakan salah satu kompetisi di dunia yang diisi beberapa pemain veteran. Meski sudah berusia tua, tapi mereka mampu bersaing di tingkat tertinggi.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Para pemain veteran ini memberi warna tersendiri kepada J League. Mereka banyak menyedot perhatian publik hingga memiliki penggemar sendiri.

Kazuyoshi Miura

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

Kazuyoshi Miura adalah pemegang rekor sebagai pemain profesional tertua di dunia. Masih tercatat sebagai pemain Yokohama FC. Usianya sekarang 54 tahun.

Dia memulai karier profesionalnya di klub Liga Brasil, Santos, pada 1986. Dia sempat berangkat ke Brasil dari Jepang saat berusia 15 tahun demi jadi pemain profesional.

Justin Hubner Pilih Cerezo Osaka, Jangan Remehkan Liga Jepang

Dia memperkuat banyak klub ketika di Brasil, sebelum kemudian bermain di Eropa bersama Genoa. Petualangan berlanjut ke Dinamo Zagreb, dan kembali memperkuat banyak klub Liga Jepang.

Pemain yang biasa dipanggil King Kazu ini juga 89 kali membela timnas Jepang, dengan catatan 55 gol. Dia sudah membela Yokohama FC sejak tahun 2005 alias 16 tahun lalu, berhasil membawa tim ini promosi kembali ke kasta teratas pada 2020.

Shinji Ono

Selanjutnya ada nama Shinji Ono. Pemain yang pernah memperkuat Timnas Jepang di tiga Piala Dunia, yakni 1998, 2002, hingga 2006.

DIa juga turut memberi kontribusi dalam kemenangan Jepang di Piala Asia 2000. Total 56 kali dia tampil bersama tim Samurai Biru.

Saat ini usianya sudah 41 tahun, tapi masih bermain untuk Hokkaido Consadole Sapporo di J Legue.Dia sempat bermain di Eropa bersama Feyenoord dan Vfl Bochum.

Shunsuke Nakamura

Shunsuke Nakamura kerap menghiasi skuad Timnas Jepang sejak 2000 hingga 2010. Total penampilannya bersama Samurai Biru adalah 98 kali.

Sudah memasuki usia 43 tahun, tapi dia belum mau pensiun. Nakamura kini membela Yokohama FC di J League.

Yokohama FC adalah tim yang dibela sejak 2019 lalu. Ketika itu dia baru saja meninggalkan Jubilo Iwata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya