Juara EURO 2020, Kok Timnas Italia Absen di Olimpiade?

Penyerang Timnas Italia, Federico Chiesa
Sumber :
  • twitter.com/azzurri

VIVA – Olimpiade Tokyo 2020 baru saja dibuka kemarin, Jumat 23 Juli 2021. Cabang olahraga sepakbola telah memainkan satu pertandingan sebelum Open Ceremony.

Greysia Polii Masuk Jajaran Komite Eksekutif NOC Indonesia

Yang menarik, tak ada Timnas Italia di cabang sepakbola. Padahal, Gli Azzurri merupakan raksasa sepakbola yang baru saja menjuarai EURO 2020.

Dilansir Football Italia, empat wakil Eropa di Olimpiade 2020 diambil berdasarkan hasil di Piala Eropa U-21 2019. Sebenarnya, Italia memiliki keuntungan dengan menjadi tuan rumah.

Kisah Atlet Aljazair dan Sudan Tolak Tanding Lawan Israel di Olimpiade 2020

Italia U-21 diperkuat Federico Chiesa, Manuel Locatelli dan Nicolò Barella. Nama-nama tersebut juga menjadi figur kunci Gli Azzurri saat menjuarai EURO 2020 dengan menekuk Inggris lewat adu penalti.

Namun, ternyata mereka gagal membawa Italia lolos ke Olimpiade. Di bawah pelatih Luigi Di Biagio, Italia sebenarnya punya skuad bertabur bintang. Selain tiga nama tadi, masih ada Alex Meret, Alessandro Bastoni, Moise Kean, Patrick Cutrone, Nicolò Zaniolo, Sandro Tonali, Lorenzo Pellegrini dan Gianluca Mancini.

10 Pertemuan Terakhir, Timnas Italia Kerap Jadi Mimpi Buruk Inggris

Italia U-21 bernasib tragis dengan tersingkir di babak penyisihan grup. Padahal, mereka sukses menekuk Spanyol 3-1 di laga pembuka.

Kekalahan 0-1 dari Polandia ternyata menjadi penentu nasib Italia. Mereka kalah selisih gol dari Spanyol yang melaju ke semifinal.

Empat tim semifinalis Piala Eropa U-21 yang berhak atas tiket ke Olimpiade 2020. Mereka adalah Spanyol, Prancis, Jerman dan Rumania. Spanyol menjuarai Piala Eropa U-21 usai menekuk Jerman 2-1 di final.

Italia sebenarnya tim tersukses di Piala Eropa U-21. Gli Azzurrini lima kali juara pada 1992, 2004, 1996, 2000 dan 2004. Catatan tersebut sejajar dengan Spanyol. 

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Italia U-21 tampil melempem. Mereka gagal lolos ke Olimpiade dalam tiga edisi beruntun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya