Sepakbola Olimpiade 2020: Jepang Tantang Spanyol di Semifinal

Winger Timnas Jepang U-23, Takefusa Kubo (kiri).
Sumber :
  • olympics.com

VIVA – Timnas Jepang melaju ke babak semifinal Olimpiade 2020 usai mengalahkan Selandia Baru. Duel di Stadion Kashima, Sabtu 2021 itu berlangsung sengit hingga dilanjutkan ke babak adu penalti.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Jepang memulai laga dengan agresif. Menit kedua, Reo mencoba tendangan jarak jauh, namun bola masih tipis di atas mistar gawang.

Pada menit ke-10, Jepang kembali mengancam. Ritsu Doan melepaskan tembakan di luar kotak penalti memanfaatkan umpan Wataru Endo. Tapi upayanya masih bisa di blok.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Jepang terus memberikan serangan. Sedangkan Selandia Baru hanya memanfaatkan serangan balik. Namun, belum ada gol yang tercipta di babak pertama.

Pada babak kedua, Jepang tak menurunkan intensitas serangannya. Di satu sisi, Selandia Baru bermain lebih keras untuk mengentikan serangan-serangan tim tuan rumah.

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Pada akhir babak kedua, Jepang mendapatkan dua peluang emas sekalgus. Menit ke-82 dan 85 melalui lewat Ayase Ueda serta Ritsu Doan. 

Namun peluang itu tak berubah menjadi gol. Kiper Selandia Baru masih terlalu tangguh untuk mengentikan sengatan Jepang. Skor 0-0 bertahan dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan. 

Dalam waktu 2x15 menit, Jepang terus mendominasi, Namun lagi-lagi sejumlah peluang yang mereka dapatkan belum menjadi gol. Begitu juga Selandia yang kesulitan untuk menciptakan gol kemenangan.

Pemenang pun harus ditentukan melalui adu penalti. Pada tahap ini, dua penendang Selandia Baru, Liberato Cacace dan Clayton Lewis, gagal mencetak gol.

Sedangkan semua penendang Jepang mampu mencetak gol sehingga skor akhir menjadi 4-2.

Jepang pun lolos ke semifinal dan bertemu Timnas Spanyol yang berhasil menghajar Pantai Gading dengan skor 5-2. 

Susunan Pemain:

Timnas Jepang : K Tani; Hashioka, Yoshida, Tommy, Hatate/Mitoma (90); Tanaka/Itakura (90), Endo; Doan, Kubo, Soma/Nakayama (69); Hayashi/Ueda (69)

Selandia Baru: Woud; Stensness, Reid/McCowatt (51), Pijnaker; Elliot, Lewis, Bell, Garbell, Cacace; Chris Wood, Waine

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya