Daftar 4 Tim yang Lolos ke Semifinal Sepakbola Olimpiade 2020

Skuad Timnas Brasil U-23 di Olimpiade Tokyo 2020.
Sumber :
  • Twitter/@CBF_Futebol

VIVA – Cabang olahraga sepakola putra Olimpiade 2020 Tokyo telah menyelesaikan perempatfinal. Empat tim memastikan tempat di semifinal usai mengalahkan lawan masing-masing.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Tim pertama yang melaju ke babak semifinal adalah Timnas Spanyol. Mikel Oyarzabal cs menjalani duel sengit kontra Pantai Gading di Miyagi Stadium, Sabtu 31 Juli 2021.

Setelah dua kali tertinggal di waktu normal. Spanyol mengamuk pada babak tambahan. Mereka menyudahi laga dengan kemenangan 5-2.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Spanyol lolos ke semifinal untuk ketiga kalinya. Sebelumnya mereka menjadi juara pada 1992 dan merebut perak pada 2000.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Di partai semifinal, Spanyol akan menghadapi Jepang. Sebelumnya, tim tuan rumah menyingkirkan Selandia Baru melalui adu penalti 4-2, usai bermain imbang 0-0 hingga dua waktu tambahan.

Dua penendang Selandia Baru, Liberato Cacace dan Clayton Lewis, gagal mencetak gol. Sedangkan semua penendang Jepang mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Bagi Jepang, ini merupakan pencapaian semifinal mereka yang kedua di Olimpiade. Sebelumnya mereka juga lolos pada 2012 dan akhirnya menempati posisi keempat.

Tim ketiga yang memastikan tempat di semifinal adalah Timnas Brasil. Sang juara bertahan mengalahkan Mesir dengan skor 1-0. Gol kemenangan dicetak oleh Matheus Cunha pada menit ke-37.

Brasil lolos ke semifinal untuk keempat kalinya secara beruntun. Tim Samba juara pada Olimpiade sebelumnya yang digelar di negara mereka sendiri (2016). Mereka meraih satu perak (2012) serta dua medali perunggu (1996 dan 2008).

Tim terakhir yang menyegel tiket semifinal adalah Meksiko. Sembilan gol tercipta di Yokohama Stadium saat mereka mengalahkan Korea Selatan. Meksiko menang dengan skor 6-3.

Gol-gol kemenangan Meksiko dicetak oleh Henry Martin (12', 54'), Luis Romo (30'), Sebastian Cordova (39', 63'), serta Aduardo Agguire (86'). Sedangkan trigol Korsel tercipta atas nama Lee Donggyeong (20', 51') dan Uijo Hwang (90+1').

Bagi Meksiko, ini menjadi pencapaian kedua mereka lolos ke babak semifinal Olimpiade. Sebelumnya mereka melakukannya pada Olimpiade London 2012. Ketika itu, Meksiko tampil apik dan melanjutkan langkah hingga merebut medali emas.

Adapun partai semifinal bakal berlangsung pada Selasa 3 Agustus 2021. Sedagkan partai final, atau laga perebutan medali emas berlangsung Sabtu 7 Agustus 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya