Timnas Kanada dan Swedia Berburu Sejarah Olimpiade di Final Sepakbola

Pemain Timnas putri Kanada rayakan gol.
Sumber :
  • olympics.com

VIVA – Sejarah bakal tersaji di final Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepakbola putri. Juara baru dipastikan lahir di Tokyo.

Greysia Polii Masuk Jajaran Komite Eksekutif NOC Indonesia

Babak semifinal sepakbola putri telah berlangsung kemarin, Senin 2 Agustus 2021. Timnas Kanada dan Timnas Swedia memastikan langkah ke final.

Kanada menang tipis 1-0 atas langganan juara Amerika Serikat. Gol tunggal kemenangan Kanada disumbangkan Jessie Fleming di menit 75 lewat titik penalti.

Inter Milan Resmi Dapatkan Winger Timnas Kanada

Setelah itu, Swedia menyusul langkah Kanada ke final. Mereka menang 1-0 atas Australia di Nissan Stadium lewat gol tunggal Fridalina Rolfo (46').

Kanada dan Swedia bakal bentrok di partai final di National Stadium, Tokyo, Jumat 6 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 WIB. Siapapun pemenang dalam duel ini bakal menciptakan sejarah.

Pemassalan Sepakbola Putri Usia Dini Diperluas, Diharapkan Bawa Indonesia ke Piala Dunia

"Tentu saja, kami ingin mengubah warna medali. Pemenang bakal menjadi juara dan kami ingin pergi ke final untuk merebut emas," kata pelatih Kanada, Ben Priestman dilansir situs resmi Olimpiade.

Sepanjang sejarah, baru ada tiga tim yang menjuarai cabang sepakbola putri di Olimpiade. Amerika Serikat empat kali juara pada 1996, 2004, 2008 dan 2012. Jerman juara pada 2016 dan Norwegia merebut emas pada 2000.

Pencapaian terbaik Swedia adalah medali perak pada 2016. Sedangkan raihan terbaik Kanada adalah perunggu pada 2012 dan 2016.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya