Kalahkan Meksiko, Timnas Brasil ke Final Olimpiade 2020

Duel Timnas Brasil vs Meksiko di semifinal Olimpiade 2020
Sumber :
  • twitter.com/miseleccionmx

VIVA – Babak semifinal cabang sepakbola putra Olimpiade 2020 mempertemukan Timnas Brasil kontra Meksiko. Pertandingan berlangsung di Stadion Ibaraki Kashima, Selasa 3 Agustus 2021.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Brasil yang berstatus sebagai juara bertahan memulai pertandingan langsung menyerang. Namun, peluang emas baru didapatkan pada menit ke-14 melalui Guilherme Arana.

Hanya saja sebuah tembakan pemain 24 tahun tersebut masih mampu dimentahkan oleh penjaga gawang Meksiko Guillermo Ochoa.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Peluang kembali didapat Brasil pada menit ke-20. Tapi, lagi-lagi Ochoa tampil gemilang dengan mematahkan tendangan keras Antony dari luar kotak penalti. Tiga menit kemudian, giliran tendangan Dani Alves yang ditepis Ochoa.

Pada menit ke-28, pertandingan sempat dihentikan karena Douglas Luiz dijatuhkan oleh Joaquin Esquivel di kotak penalti. Setelah melihat tayangan ulang, Wasit Georgi Kabakov melanjutkan dan tidak memberikan penalti pada Brasil.

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Meksiko mengancam Brasil. Luis Romo berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang, sayangnya bola masih mampu diselamatkan kiper Brasil, Santos. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, Brasil tetap mendominasi jalannya pertandingan. Sejumlah peluang berhasil mereka ciptakan. Seperti pada menit ke-62 melalui Antony.

Dia meliak-liuk untuk masuk ke dalam kotak penalti sebelum akhirnya melepaskan tembakan mendatar. Namun bola kembali masih bisa diselamatkan Ochoa.

Kemudian menit ke-82, umpan lambung Dani Alves mampu disambut dengan sundulan Richarlison. Sejatinya, Ochoa sudah tak mampu menjangkau bola, akan demi fortuna masih menaungi Meksiko karena bola membentur mistar gawang.

Meksiko membalas ancaman pada menit ke-90. Berawal dari tendangan bebas, Cesar Montes melepaskan sundulan tapi masih dapat ditangkap oleh Santos. Duel berakhir 0-0 dalam waktu normal dan dilanjutkan ke abak tambahan.

Di babak tambahan, situasinya nyaris tak berbeda. Brasil lebih dominan mengalirkan serangan ke pertahanan Meksiko. 

Tapi, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat gol yang diharapkan tak kunjung tercipta. Hingga akhirnya, pemenang pun harus ditentukan melalui babak adu penalti. 

Dani Alves menjadi penendang pertama. Tendangannya ke arah kiri bisa dibaca oleh Ochoa. Namun bola terlalu cepat dan masuk ke gawang. Sementara penendang pertama Meksiko, Eduardo Daniel Aguirre gagal menjalankan tugasnya. 

Gabriel Martinelli yang menjadi penendang kedua berhasil mencetak gol. Sial bagi Meksiko, penendang kedua mereka, Johan Vasquez juga gagal. Tendangannya membentur tiang gawang.

Brasil unggul 3-0 setelah Bruno Guimaraes menjalankan tugasnya dengan sempurna. Carlos Rodriguez membuat kedudukan menjadi 1-3. Namun, Brasil berhasil menyegel tiket ke final setelah penendang terakhirnya Reinier bisa mencetak gol.

Brasil berpeluang mempertahankan medali emas yang didapatkan pada Olimpiade Rio 2016. Mereka akan berhadapan dengan pemenang laga Jepang vs Spanyol yang akan berlangsung sesaat lagi.

Susunan pemain:

Meksiko: Guillermo Ochoa; Vladimir Lorona, Cesar Montes, Johan Vasquez, Jesus Alberto Angulo; Luis Romo, Jose Esquivel; Uriel Antuna, Francisco Cordova, Alexis Vega; Henry Martin

Brasil: Santos; Dani Alves, Nino, Diego Carlos, Guilherme Arana; Antony, Bruno Guimaraes, Douglas Luiz, Claudinho; Paulinho, Richarlison

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya