Gol Penyerang Madrid Antar Timnas Spanyol ke Final Olimpiade

Marco Asensio
Sumber :
  • instagram

VIVA – Timnas Spanyol U-23 berhak melaju ke final sepakbola Olimpiade Tokyo 2020. Mereka lolos setelah menyingkirkan Jepang dalam duel semifinal di Saitama Stadium, Selasa 3 Agustus 2021.

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Pertandingan berjalan seru dari awal. Spanyol tampil terbuka. Mereka langsung menekan tuan rumah untuk mencerai gol cepat.

Namun Jepang pun juga sudah siap sedia. Mereka bisa meladeni permainan Spanyol yang mengandalkan umpan-umpan pendek.

Honda Siapkan Fasilitas Produksi Mobil Listrik

Salah satu peluang didapatkan Spanyol pada menit 31. Mikel Oyarzabal mendapat umpan dari Oscar Gil. Sayangnya, sepakannya dari sisi kanan masih melambung.

La Roja begitu sulit menembus pertahanan Jepang, hingga mereka gagal memecah kebuntuan di paruh waktu awal. Demikian juga dengan tim Samurai Biru, mereka pun lebih banyak bertahan sehingga hampir tak punya peluang memukul balik sang tamu.

Hajar Arema FC, Modal PSS Sleman Selamat dari Degradasi

Setelah bermain seri tanpa gol di babak pertama, kedua tim kembali bermain dengan hati-hati di 45 menit terakhir. Spanyol masih mendominasi permainan. Tapi kembali mereka tak mampu menembus pertahanan Jepang.

Perubahan dilakukan Spanyol dengan mengganti beberapa pemain. Namun lagi-lagi usaha mereka belum ada yang membuahkan hasil.

Dengan pertahanan solidnya, Jepang memaksa waktu normal berakhir dengan skor 0-0. Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada extra time ini kedua tim mulai sama-sama ngotot. Jepang berani menekan Spanyol. Sayangnya perlawanan anak-anak asuh Hajime Moriyasu harus dihentikan oleh gol Marco Asensio. Dia melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kiri pada menit 115 dari dalam kotak penalti dan tidak mampu dibendung oleh kiper lawan.

Lesakan pemain Real Madrid terebut menjadi satu-satunya dalam pertandingan ini. Spanyol pun menutup duel dengan kemenangan 1-0 dan berhasil lolos ke final berhadapan dengan Brasil yang sebelumnya mengalahkan Meksiko.

Susunan pemain:

Jepang: Konsei Tani, Maya Yoshida, Horoki Sakai, Yuta Nakayama, Ko Itakura, Reo Hatate (Yuki Soma 65), Wataru Endo, Ao Tanaka, Takefusa Kubo, Ritsu Doan, Daichi Hayashi (Ayase Ueda 65).

Spanyol: Unai Simon, Cucurella, Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Gil (Jesus Vallejo 46), Mikel Merino (Carlos Soler 59), Dani Olmo (Javi Puado 60), Martin Zubimendi, Mikel Oryazabal, Rafa Mir, Pedri (Marco Asensio 83).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya