Timnas Brasil Medali Emas Olimpiade Tokyo Usai Kalahkan Spanyol

Final Olimpiade Tokyo 2020 antara Timnas Brasil vs Spanyol
Sumber :
  • twitter.com/SeFutbol

VIVA – Timnas Brasil meraih medali emas cabang olahraga sepakbola Olimpiade Tokyo 2020. Mereka mengalahkan Timnas Spanyol dengan skor 2-1 pada babak final yang berlangsung di Yokohama International Stadium, Jepang pada Sabtu malam WIB 7 Agustus 2021.

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Kedua tim bermain terbuka sejak menit awal. Upaya untuk mendobrak pertahanan lawan diperlihatkan oleh Brasil dan juga Spanyol.

Namun, baru pada pengujung babak pertama peluang emas tercipta pada pertandingan ini. Pemain Brasil, Matheus Cunha terjatuh di dalam kotak penalti Spanyol.

Lawan Man Utd, Liverpool Tak Mau Ulangi Performa Seperti di Piala FA

Wasit kemudian memilih untuk memantau video assistant referee (VAR). Dari sana diputuskan telah terjadi pelanggaran, dan hadiah penalti untuk Brasil.

Richarlison dipercaya sebagai eksekutor penalti tersebut. Sayang tendangannya tidak akurat dan bola melenceng di atas mistar gawang.

Siap-siap! Lionel Messi Comeback Pagi Ini Usai Sebulan Cedera

Pada menit 45+2, Brasil akhirnya bisa mencetak gol keunggulan. Mathues Cunha melepaskan tendangan ke sudut kanan bawah yang membuat kiper Spanyol, Unai Simon tak berdaya menghalau.

Tertinggal satu gol, Spanyol memulai babak kedua dengan motivasi tinggi mencetak gol. Mereka coba memberi tekanan ke lini pertahanan Brasil.

Pada menit 61, upaya tersebut membuahkan hasil positif. Umpan dari Carlos Soler yang masuk sebagai pemain pengganti diteruskan dengan sempurna oleh Mikel Oyarzabal. SKor pun jadi imbang 1-1.

Pada menit 89, Spanyol mendapat peluang emas melalui Bryan Gil. Sayang bola hasil tendangan kerasnya masih membentur mistar gawang.

Skor imbang 1-1 menjadi hasil akhir waktu normal 90 menit. Untuk menentukan pemenang, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Petaka datang bagi Spanyol ketika memasuki menit 108. Sebuah serangan balik cepat dari Brasil berakhir menjadi gol yang dicetak oleh Malcom.

Gol tersebut menjadi yang terakhir pada laga ini. Brasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai bermain selama 120 menit melawan Spanyol.

Susunan Pemain

Brasil: Santos; Diego Carlos, Nino, Guilherme Arana, Dani Alves, Matheus Cunha (Malcom 91'), Bruno Guimaraes, Douglas Luiz, Richarlison (Paulinho 114'), Claudinho (Reinier 106'), Antony (Gabriel Menino 112').

Spanyol: Unai Simon; Pau Torres, Eric Garcia, Marc Cucurella (Juan Miranda 91'), Oscar Gill (Jesus Vallejo 91'), Martin Zubimendi (Jon Moncayola 112'), Pedri, Mikel Merino (Carlos Soler 46'), Mikel Oyarzabal (Rafa Mir 104'), Dani Olmo, Marco Asensio (Bryan Gil 46').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya