Gagasan Piala Dunia Digelar Setiap 2 Tahun

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Verdict

VIVA – Javier Mascherano menyatakan bahwa dia sangat mendukung gagasan Piala Dunia yang diadakan setiap dua tahun. Mantan pemain Barcelona itu mengikuti jejak Arsene Wenger dalam menyerukan format periode empat tahun di antara Piala Dunia saat ini dipangkas menjadi dua tahun.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

“Dunia telah banyak berubah dan bergerak sangat cepat," kata Mascherano kepada EFE, seperti dilansir Marca, Jumat 20 Agustus 2021.

"Siklus normal di masa lalu tidak lagi seperti itu. Saya percaya bahwa empat tahun terlalu lama bagi setiap orang untuk menunggu melihat peristiwa terindah di dunia," lanjutnya.

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Mascherano melanjutkan dengan menyoroti keunggulan utama yang dimiliki sepakbola internasional dibandingkan sepak bola klub. Sebab klub-klub tidak lagi menampilkan sepakbola murni, namun melibatkan uang besar.

"Dulu, klub-klub lokal mewakili negaranya dengan cara tertentu, karena mayoritas pemainnya berasal dari negara itu. Sekarang, terutama di Eropa, itu tidak lagi terjadi, oleh karena itu di kompetisi internasional kita masih dapat menemukan bentuk sepakbola yang paling murni."

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Bek Barcelona, Javier Mascherano.

Photo :
  • Beinsport.tv

"Sepakbola murni di mana tidak ada tim yang dapat membeli pemain dari tim lain, di mana kita bermain untuk keluarga kita, teman-teman, kehormatan dan negara, dan di mana tidak ada kontrak besar, gaji atau transaksi yang terlibat," tambahnya.

Salah satu argumen utama yang menentang Piala Dunia yang berlangsung setiap dua tahun adalah ketakutan bahwa hal itu akan mendevaluasi kompetisi, tetapi pemain Argentina itu menjelaskan mengapa hal itu tidak terjadi.

"Saya mengerti bahwa ada beberapa orang yang berpikir seperti ini, tetapi saya percaya ini karena selalu seperti ini, ini adalah cara berpikir yang sedikit konservatif yang saya yakini normal," kata Mascherano.

"Tapi saya yakin bahwa ketika itu berubah, banyak orang akan sangat yakin dengan itu sehingga mereka akan bertanya mengapa tidak selalu seperti ini."

“Jika kita melihatnya secara objektif, kita memiliki turnamen tahunan yang fantastis seperti Liga Champions dan Copa Libertadores yang tidak kehilangan gengsinya meskipun diadakan setiap tahun.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya