Stadion Piala Dunia 2002 yang Jadi Markas Tim J League

Sapporo Dome
Sumber :
  • J League

VIVA –  Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2002 bersama dengan Korea Selatan. Total ada 10 stadion di Negeri Sakura yang dijadikan lokasi pertandingan.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Setelah perhelatan Piala Dunia 2002, stadion itu akhirnya digunakan oleh tim peserta J League. Sampai memasuki musim ini, masih ada yang menggunakannya.

1. International Stadium Yokohama - Yokohama F. Marinos

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

Memiliki kapasitas sekira 72 ribu penonton, International Stadium Yokohama. Selama Piala Dunia 2002 mereka menggelar pertandingan babak grup antara lain Jepang melawan Rusia.

Sekarang ini, adalah Yokohama F. Marinos yang berkandang di sana. Sempat juga stadion ini jadi lokasi gelaran Piala Dunia Rugby 2019.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

2. Saitama Stadium - Urawa Red Diamonds

Timnas Jepang pernah bermain di Saitama Stadium pada Piala Dunia 2002. Ketika itu menghadapi Belgia di Grup H dan kedudukan berakhir imbang 2-2.

Stadion berkapasitas 62 ribu lebih itu sekarang ini menjadi markas dari Urawa Red Diamonds. Pada Olimpiade Tokyo 2020, ada beberapa pertandingan juga yang digelar di sini.

3. Nagai Stadium - Cerezo Osaka

Cerezo Osaka sempat menjadikan Nagai Stadium sebagai kandang mereka di J League. Lokasi yang pernah jadi lokasi pertandingan Nigeria melawan Inggris di Piala Dunia 2002.

Tapi untuk musim ini, Cerezo Osaka memutuskan untuk pindah ke Yodoko Sakura Stadium. Penyebabnya tak lain karena masalah finansial.

4. Oita Stadium - Oita Trinita

Oita Stadium memiliki daya tampung 21.997 penonton. Pernah jadi lokasi babak 16 besar Piala Dunia 2002 antara Swedia vs Portugal, Oita Stadium juga digunakan untuk pertandingan Piala Dunia Rugby 2019.

Oita Stadium resmi dibuka pada 2001. Oita Trinita yang kemudian menjadikan ini sebagai kandang mereka di J League.

5. Kashima Stadium - Kashima Antlers

Kashima Stadium didirikan pada 1993. Kemudian direnovasi untuk kepentingan Piala Dunia 2002 dengan kapasitas 38.669 penonton.

Kashima Antlers yang sejak awal menjadikannya sebagai kandang mereka di J League. Pertandingan antara Argentina melawan Nigeria pernah dilangsungkan di sini.

6. Kobe Wing Stadium - Vissel Kobe

Kobe Wing Stadium direnovasi secara besar-besaran ketika akan digunakan untuk Piala Dunia 2002. Kapasitasnya mencapai 29.332 penonton.

Piala Dunia Rugby juga pernah digelar di sini. Dan sampai sekarang, Vissel Kobe menjadikannya sebagai markas.

7. Sapporo Dome - Hokkaido Consadole Sapporo

Dibuka pada 2001 dengan tujuan menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia 2002, Sapporo Dome memiliki kapasitas 38.794 penonton.

Sejak dibuka, stadion ini kemudian sudah jadi kandang Hokkaido Consadole Sapporo hingga sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya