Fenomena CLBK di Bursa Transfer, dari Ronaldo hingga Griezmann

Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • instagram

VIVA – Bursa transfer musim panas di Eropa baru saja ditutup awal bulan ini. Ternyata, ada fenomena CLBK alias cinta lama bersemi kembali dalam bursa transfer kali ini.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Sejumlah pemain memutuskan kembali ke pelukan mantan. Siapa sajakah mereka? 

1. Romelu Lukaku
Lukaku resmi kembali ke Chelsea usai dibeli dari Inter Milan pada 12 Agustus 2021. Pemain internasional Belgia ini memecahkan rekor klub dengan nilai transfer sebesar  £97,5 juta atau setara Rp1,92 trilun.

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi

Striker Chelsea, Romelu Lukaku.

Photo :
  • REUTERS/DAVID KLEIN

Kembali ke Chelsea, Lukaku berharap bisa memperbaiki catatanya di hadapan sang mantan. Selama membela The Blues pada 2011 hingga 2014, Lukaku hanya tampil 15 kali dan tidak mencetak satu pun gol.

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain

Lukaku dibeli Chelsea dari Anderlecht di musim panas 2011. Saat itu, dia baru berusia 18 tahun. Namun, di Anderlecht catatannya cukup impresif dengan 41 gol dari 98 penampilan.

2. Cristiano Ronaldo
Ronaldo menyusul Lukaku kembali ke mantan dengan hijrah ke Manchester United pada 27 Agustus 2021. MU diyakini menebus Ronaldo dari Juventus dengan nilai 25 juta euro (sekitar Rp 420 miliar) plus bonus. Mereka mengikat Ronaldo dengan kontrak berdurasi dua tahun, atau hingga 2023 mendatang. 

Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United

Photo :
  • Instagram: 433

Sebelumnya, Ronaldo memperkuat MU pada 2003 hingga 2009. Pemain asal Portigal ini menorehkan 118 gol dari 292 pertandingan.

Ronaldo sudah bergemilang gelar saat memperkuat MU. CR7 membawa Setan Merah menyabet tiga gelar Premier League, dua Piala Liga, serta masing-masing satu gelar Piala FA. Community Shield, Liga Champions dan Piala Dunia Klub. Ronaldo juga meraih Ballon d'Or 2008.

3. Moise Kean
Moise Kean juga merasakan CLBK di bursa transfer musim panas ini. Juventus membawa pulang Kean dengan status pinjaman selama semusim dari Everton.

Penyerang muda Juventus, Moise Kean

Photo :
  • Twitter/@juventusfc

Kean memperkuat tim Juventus Primavera pada 2010. Pada 19 November 2016, dia melakoni debut di tim senior Juve dalam usia 16 tahun 8 bulan dan 23 hari. Kean menjadi debutan termuda Juve dan pemain kelahiran 2000-an pertama yang tampil di empat liga top Eropa.

Dalam periode pertamanya, Kean memperkuat Juve pada 2016 hingga 2019. Dia mencetak 8 gol dari 21 pertandingan. Di periode tersebut, Kean sempat dipinjamkan ke Hellas Verona di musim 2017/18.

Di musim panas 2019, Kean hijrah ke Everton dengan nilai transfer €27,5 juta ditambah bonus €2,5 juta. Musim lalu, The Toffees meminjamkan Kean ke Paris Saint-Germain (PSG), sebelum kembali ke Juve musim ini dengan status pinjaman.

4. Antoine Griezmann
Antoine Griezmann kembali ke Atletico Madrid jelang penutupan bursa transfer musim panas. Atletico meminjam Griezmann dari Barcelona dengan kewajiban untuk mempermanenkan pemain asal Prancis ini yang diperkirakan mencapai harga 40 juta euro atau sekitar Rp673 miliar.

Mantan penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann

Photo :
  • Instagram/@antoinegriezmann

Dikabarkan pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone berkeinginan untuk mendatangkan penyerang baru dan tidak menemui kesulitan untuk mendatangkan kembali Antoine Griezmann karena pernah bekerja sama pada 2014 sampai 2019.

Dalam periode pertamanya bersama Atletico, Griezmann mencetak 133 gol dari 257 penampilan. Dia membawa Los Rojiblancos masing-masing sekali juara Piala Super Spanyol, Liga Europa dan Piala Super Eropa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya