Timnas Inggris Ditahan Polandia, Southgate Bikin Rekor Aneh

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate.
Sumber :
  • instagram.com/england/

VIVA – Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate mencatatkan rekor aneh saat timnya gagal meraih kemenangan atas Polandia.

Reaksi Erik Ten Hag Dengar Isu Bakal Dipecat Manchester United

Timnas Inggris ditahan 1-1 dalam laga lanjutan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di PGE Narodowy, Kamis dini hari WIB 9 September 2021.

Duel ketat tersaji di babak pertama. Kedua tim saling berbalas serangan dan sejumlah peluang berhasil terciptakan. Namun, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat gol tak kunjung tercipta.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Baru ketika memasuki menit 72, sebuah gol diciptakan oleh Inggris. Harry Kane yang membobol gawang tuan rumah usai mendapat sodoran dari Kyle Walker. Tendangan dari jarak jauh membuat bola melesat mulus ke dalam gawang lawan.

Di sisa waktu yang ada, Polandia berusaha sekeras mungkin untuk mengejar ketertinggalan. Sampai akhirnya Robert Lewandowski mencetak gol di menit 90+2 melalui sundulan.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Keunggulan Inggris pun sirna. Skuad asuhan Gareth Southgate harus puas membawa pulang satu poin. Tapi itu sudah cukup untuk mengamankan posisi mereka di puncak klasemen.

Sementara ini Inggris yang memimpin Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa dengan 16 poin. Lima kemenangan dan sekali imbang yang mereka dapatkan sejauh ini.

Dalam laga ini, Gareth Southgate tidak melakukan pergantian pemain sama sekali. Dan, dia menjadi manajer Inggris pertama sejak 1996 yang menerapkan strategi itu.

Terakhir kali seorang manajer Inggris tidak melakukan pergantian pemain adalah di semifinal Euro 96 ketika Terry Venables melihat timnya kalah adu penalti dari Jerman di Wembley.

Southgate punya alasan mengapa dirinya tidak melakukan pergantian pemain selama 90 menit. Dia menyebut, timnya menguasai laga, meskipun pada akhirnya kemenangan mereka buyar.

"Karena kami memegang kendali penuh atas permainan dan kami akan membuat perubahan untuk itu, sungguh," kata Southgate saat wawancara Warsawa TV.

"Saya pikir para pemain berada dalam ritme permainan, kami mengendalikan permainan sehingga membuat perubahan akan berpotensi mengganggunya daripada memperbaikinya. Tidak mudah untuk masuk dari bangku cadangan dalam laga ini," sambungnya.

Ketika pertandingan masih imbang, Southgate mengaku sempat berencana ingin melakukan pergantian pemain. Namun, rencana itu berubah setelah Harry Kane mencetak gol.

"Kami ingin melakukan pergantian pemain, tapi setelah ada gol kami pikir tidak ada gunanya. Kami bermain bagus, kami memegang kendali," ucapnya.

"Pada saat-saat itu, tidak mudah untuk masuk sebagai pemain pengganti. Kami memegang kendali penuh, tidak ada masalah, mengapa mengganggu ketika Anda memegang kendali," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya