Sergio Busquets Desak Barcelona untuk Move On dari Lionel Messi

Gelandang Barcelona, Sergio Busquets
Sumber :
  • Twitter Barcelona

VIVA – Barcelona masih meratapi kehilangan Lionel Messi. Hal tersebut membuat mereka belum bisa menghitung sejauh mana akan melangkah di Liga Champions, kata kapten Barcelona, Sergio Busquets jelang pertemuan melawan Bayern Munich, pada Rabu dini hari WIB, 15 September 2021.

Bayern telah memberikan kekalahann terburuk bagi Barcelona di kompetisi Eropa pada tahun 2020 ketika menang 8-2 di perempatfinal Liga Champions 2019/2020, yang menyebabkan Messi untuk pertama kalinya menyatakan ingin pergi.

Kepergian Messi pun ke Paris Saint-Germain terjadi setahun kemudian karena masalah keuangan klub yang sangat kronis. Meskipun, sang pemain sempat menolak untuk pergi dan siap untuk menerima pemotongan gaji 50 persen.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

"Itu mengejutkan. Apalagi, mengingat semua yang Leo lakukan untuk Barca dan untuk saya," ujar Busquets, seperti dikutip The Globe and Mail, Selasa 14 September 2021.

"Kami merasakan sejumlah sensasi yang sulit untuk dicerna, tapi kami harus melanjutkan ini semua. Ini baru awal musim dan kami harus terbiasa main tanpa Leo," ucapnya

Lawan Arema FC, Pelatih Persebaya Surabaya Harapkan Ini dari Wasit

Barcelona pun telah mengalami perubahan radikal sejak kekalahan memalukan dari Bayern pada tahun 2020. Tidak hanya berpisah dengan Messi, mereka juga kehilangan Luis Suarez, pelatih Quique Setien, hingga presiden Josep Maria Bartomeu.

Busquets mengaku, sangat terpengaruh dengan kekalahan telak tersebut. Akan tetapi, El Barca saat ini telah mengalami kemajuan di bawah arahan Roanld Koeman.

"Sulit untuk diterima, tapi begitulah sepakbola. Beberapa waktu telah berlalu dan kami yakin segalanya akan berbeda," ungkapnya.

Selain itu, pada musim lalu, Barcelona mencatatkan pencapaian terburuknya di Liga Champions dalam 14 tahun terakhir. Sebab, mereka harus tersingkir di babak 16 besar usai dikalahkan PSG, dan harapan untuk menjuarai Liga Champions musim ini semakin turun seiring kepergian Messi.

Namun, Busquets menegaskan, Azulgrana sedang menuju ke arah yang benar di bawah besutan Koeman.

"Kami harus menghadapi beberapa situasi sulit pada tahun lalu dengan banyak perubahan di semua level klub dan (Koeman) dibawa ke sini untuk membuat perbahan itu. Kedatangannya pun telah membuat dampak besar," kata Busquets.

"Apa pun bisa terjadi dalam sepakbola. Chelsea memenangkan kompetisi musim lalu ketika mereka tidak difavoritkan pada awal-awal," sambungnya.

"Yang penting, adalah bagaimana kami bermain secara kolektif dan sekarang kami tahu kami tidak memiliki Leo atau kecemerlangan individunya. Kami sadar akan kesulitan ini, tapi kami sangat ambisius dan kami ingin menang," jelasnya.

Barcelona saat ini mengumpulkan 7 poin dari tiga pertandingan awal di LaLiga dan menikmati libur akhir pekan karena pertandingan hari Sabtu kontra Sevilla ditunda lantara para pemain dari Amerika Selatan terlambat kembali usai membela negaranya masing-masing di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sedangkan, Bayern memiliki 10 poin dari empat pertandingan pembukaan Bundesliga dan telah mencetak 12 gol dalam tiga laga terakhir mereka. Bahkan, pada akhir pekan kemarin, Bayern mampu menang 4-1 atas RB Leipzig. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya