Ngerinya Sebastien Haller, Langsung Cetak 4 Gol di Laga Debut UCL

Striker Ajax, Sebastien Haller.
Sumber :
  • Instagram/@afcajax

VIVA – Satu bulan yang lalu, Sebastien Haller dicemooh di luar lapangan, tetapi penyerang Ajax itu mendapat pujian tinggi usai membuktikan ketajamannya pada Kamis 16 September 2021, dini hari, saat mencetak 4 gol dalam kemenangan 5-1 melawan Sporting Lisbon di matchday perdana Grup C Liga Champions 2021/2022.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Pada musim lalu, striker berusia 27 tahun itu lupa didaftarkan Ajax ke kompetisi Eropa. Namun, pengalaman pahit di musim lalu merupakan penundaan yang manis bagi Heller.

"Ini permainan terbaik saya. Anda hanya memimpikan ini. Anda menunggu seumur hidup untuk pertandingan seperti ini," ucap Haller, seperti dikutip Independent, Kamis 16 September 2021.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

"Anda harus menikmati pertandingan seperti itu, ini adalah kenangan indah. Saya hanya harus mencetak gol, tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk tim dan para penggemar," katanya.

Musim lalu, kesalahan administratif membuat nama Haller tidak dicantumkan dalam daftar pemain Ajax untuk fase gugur Liga Europa. Dia pun terpaksa hanya berada di pinggir lapangan saat Ajax melaju ke babak perempatfinal.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

"Anda bahkan lebih menantikannya," ungkap Haller, tentang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk Ajax di kompetisi Eropa.

Pemain internasional Pantai Gading kelahiran Prancis itu adalah pemain kedua dalam sejarah Liga Champions yang mencetak empat gol pada debutnya. Namun, Haller ada pemain pertama yang melakukannya dalam pertandingan tandang.

Haller, yang merupakan pembelian termahal Ajax ketika mereka harus mengeluarkan 22,5 juta euro (Rp377 miliar) untuk mendapatkan dari West Ham United pada Januari 2021 lalu, telah dicemooh oleh para penggemar ketika diganti dalam kekalahan 0-4 dari PSV Eindhoven di ajang Johan Cruyff Shield.

Namun, pelatih Ajax, Erik ten Hag, memberikan pembelaan terhadap kemampuan Haller. Menurut Ten Hag, Haller sedang menepis semua cemoohan itu dengan penampilannya di laga debut Liga Champions.

Bahkan, Ten Hag menyebut, kualitas menyerang Haller hampir mirip seperti apa yang dilakukan salah satu legenda Ajax, Marco van Basten. 

"Empat gol di Liga Champions... Saya pikir itu sangat luar biasa. Saya ingat Van Basten melakukannya, dan dia adalah salah ikon terbesar dan itu menunjukkan betapa bersejarahnya pencapaian ini," ujar Ten Hag.

"Itu juga mengatakan sesuatu tentang kualitas yang dimiliki Haller. Tidak hanya dalam fisik yang dia bawa, tapi juga dalam hal penentuan posisi dan penyelesaiannya. Anda juga harus kuat secara mental untuk bisa melakukan ini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya