Deretan Stadion Unik dan Canggih di J League

IAI Stadium Nihondaira
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Ada tiga kasta kompetisi di J League saat ini. Total ada 57 tim yang turut serta meramaikan. Dari sebanyak itu, ada tim yang menjadikan stadion unik, canggih, dan indah sebagai kandang.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Setidaknya ada lima stadion ikonik yang digunakan oleh tim J League musim ini sebagai kandang. Berikut kami sajikan daftarnya:

1. Sapporo Dome

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Sapporo Dome digunakan oleh Hokkaido Consadole Sapporo sebagai kandang mereka. Dibuka sejak 2001, tujuan utama pembangunannya untuk Piala Dunia 2002.

Setelah itu, Hokkaido Consadole Sapporo yang berkandang di sana. Sapporo Dome memiliki daya tampung 38.794 penonton, dan pada Olimpiade Tokyo 2020 juga dijadikan lokasi pertandingan.

Liga Yooscout x Piala Kartini Sukses Digelar, ASBWI dan CSS Harap Lahirkan Pesepakbola Berbakat

Stadion ini memiliki teknologi canggih. Karena bisa digunakan dalam berbagai cuaca. Mereka memiliki atap yang bisa dibuka dan tutup otomatis.

Tak cuma itu, Sapporo Dome punya dua jenis lapangan. Untuk pertandingan bisbol, rumput sintetis yang digunakan. Jika kemudian sepakbola yang dipertandingkan, rumput asli digeser masuk lagi.

2. IAI Stadium Nihondaira

IAI Stadium Nihondaira sekarang ini menjadi markas Shimizu S-Pulse. Mereka sudah bermarkas di sana sejak 1992.

Daya tampungnya 19.549 penonton. Yang menjadi menarik, pemandangannya sangat indah krena ada di dekat kaki Gunung Fuji dan Teluk Suruga di sebelahnya.

Tribun bagian utara cuma 2/3 yang beratap. Dengan desain itu, pemandangan ke arah Gunung Fuji menjadi lebih luas.

3. Showa Denko Dome Oita

Oita Trinita yang bermarkas di Showa Denko Dome Oita. Mereka menjadikannya kandang sejak dibuka pada 2001. Tujuan pembangunannya untuk lokasi Piala Dunia 2002.

Memiliki nama populer 'Big Eye' stadion ini terlihat seperti bola jika dipandang dari atas. Atapnya melengkung dan bisa dibuka tutup berdasarkan cuaca.

4. Sanga Stadium by Kyocera

Kyoto Sanga yang bermain di J2 League yang menjadikannya kandang. Kapasitasnya tergolong besar, yakni 21.623 penonton. Baru tahun lalu Sanga Stadium by Kyocera dibuka.

Sanga Stadium by Kyocera memiliki bentuk segi delapan. Perpaduan gaya tradisional dengan modern terlihat sangat sempurna.

5. Fujieda Soccer Stadium

Fujieda Soccer Stadium digunakan oleh tim kasta ketiga J League, yakni Fujieda MYFC. Sejak 2002 dibangun, dan memiliki daya tampung 13 ribu penonton.

Ini jadi salah satu stadion unik dunia. Memiliki tribun tingkat dua, tidak ada bangku untuk penonton. Karena mereka menjadikan rumput sebagai tempat penonton duduk.

Tentu saja jadi sensasi menarik bagi penonton untuk menyaksikan pertandingan sepakbola sembari duduk di atas rumput.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya