Ketika Negara Tak Diakui Dunia Eksis di Liga Champions

Pemain Sheriff Tiraspol
Pemain Sheriff Tiraspol
Sumber :
  • instagram.com/fc_sheriff

VIVA – Kehadiran Sheriff Tiraspol di Liga Champions 2021/2022 menghadirkan beberapa catatan baru. Yang pertama tentu saja ini adalah pertama kali mereka tampil di kejuaraan sepakbola bergengsi benua biru.

Selain itu, mereka jadi wakil Moldova pertama yang tampil di Liga Champions. Dan pada kesempatan debutnya, kemenangan dua gol tanpa balas atas Shakhtar Donetsk yang jadi raihan.

Pertandingan yang dilangsungkan di Stadionul Sheriff itu juga jadi catatan sejarah bagi Liga Champions. Karena untuk pertama kalinya, ada pertandingan yang dilangsungkan di negara yang tak diakui dunia.

Sebabnya tak lain adalah situasi politik di tempat Sheriff Tiraspol didirikan. Mereka memang tercatat sebagai tim peserta Liga Moldova, tapi dari segi geografis, letaknya ada di luar negara itu.

Tiraspol sejatinya adalah ibu kota dari negara Transnistria. Sejak 1990, mereka memilih untuk memisahkan diri dari Moldova. Proses pemisahan itu tak lantas berjalan mulus.

Dua tahun setelah itu, Transnistria dan Moldova terlibat perang. Korban jiwa yang ditimbulkan akibat peperangan itu mencapai 1.500 jiwa. Sampai akhirnya kedua belah pihak bersepakat untuk gencatan senjata.

Pemerintah Moldova kemudian benar-benar tidak memiliki pengaruh atas Transnistria sejak 1992. Tapi, sampai sekarang negara itu masih belum diakui di dunia.