Ketika Negara Tak Diakui Dunia Eksis di Liga Champions

Pemain Sheriff Tiraspol
Sumber :
  • instagram.com/fc_sheriff

VIVA – Kehadiran Sheriff Tiraspol di Liga Champions 2021/2022 menghadirkan beberapa catatan baru. Yang pertama tentu saja ini adalah pertama kali mereka tampil di kejuaraan sepakbola bergengsi benua biru.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Selain itu, mereka jadi wakil Moldova pertama yang tampil di Liga Champions. Dan pada kesempatan debutnya, kemenangan dua gol tanpa balas atas Shakhtar Donetsk yang jadi raihan.

Pertandingan yang dilangsungkan di Stadionul Sheriff itu juga jadi catatan sejarah bagi Liga Champions. Karena untuk pertama kalinya, ada pertandingan yang dilangsungkan di negara yang tak diakui dunia.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Sebabnya tak lain adalah situasi politik di tempat Sheriff Tiraspol didirikan. Mereka memang tercatat sebagai tim peserta Liga Moldova, tapi dari segi geografis, letaknya ada di luar negara itu.

Tiraspol sejatinya adalah ibu kota dari negara Transnistria. Sejak 1990, mereka memilih untuk memisahkan diri dari Moldova. Proses pemisahan itu tak lantas berjalan mulus.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Dua tahun setelah itu, Transnistria dan Moldova terlibat perang. Korban jiwa yang ditimbulkan akibat peperangan itu mencapai 1.500 jiwa. Sampai akhirnya kedua belah pihak bersepakat untuk gencatan senjata.

Pemerintah Moldova kemudian benar-benar tidak memiliki pengaruh atas Transnistria sejak 1992. Tapi, sampai sekarang negara itu masih belum diakui di dunia.

Transnistria terletak di antara Moldova dan Ukraina. Jumlah penduduknya sekira 500 ribu jiwa dengan luas wilayah kurang dari 1.000 kilometer persegi.

Di situlah kemudian Sheriff Tiraspol lahir. Pemerintah Transnistria sangat berpengaruh akan pembentukan tim sepakbola ini. Karena mereka yang menjadi wajah negara.

Mengutip Marca, justru sepakbola yang mengendalikan 60 persen ekonomi di sana. Tak heran jika kemudian mereka masuk Liga Moldova dan jadi yang terkuat.

Sepanjang keikutsertaan pada 1997, total Sheriff Tiraspol telah menang Liga Moldova sebanyak 19 kali. Dan kini mereka dalam misi membuat kejutan di Liga Champions.

Pada Rabu dini hari WIB 29 September 2021, Sheriff Tiraspol akan mendapat pengalaman seru. Mereka akan bertandang ke Estadio Santiago Bernabeu, markas Real Madrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya