Roberto Carlos: Sepakbola Harus Berkembang

Roberto Carlos
Sumber :
  • oleole

VIVA – Legenda sepakbola Brasil, Roberto Carlos, menyatakan, bahwa mengenakan jersey tim nasional bagi setiap pemain adalah momen paling membanggakan untuk karier mereka.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Mantan bek kiri yang telah mencatatkan 125 caps untuk Timnas Brasil saat ini tergabung dalam Grup Penasihat Teknis FIFA yang sedang mencanangkan konsultasi luar mereka tentang masa depan sepakbola. 

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Dia pun menyambut baik proposal baru-baru ini untuk mengubah kalender pertandingan internasional.

Diskusi seputar Piala Dunia akan digelar dua tahun sekali telah dimulai, dan Roberto Carlos percaya, bahwa sepakbola memiliki kemampuan untuk berkembang dalam menghadapi lanskap perubahan.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

"Yang penting adalah memulai, agar para pemain beradaptasi dengan Piala Dunia setiap dua tahun, misalnya. Atau, misalnya lagi, memainkan pertandingan kualifikasi dalam sebulan. Jadi, Anda harus memulai sekarang," kata Roberto Carlos, seperti dikutip situs resmi FIFA, Rabu 6 Oktober 2021.

"Sekarang saatnya bagi sepakbola untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kami juga bisa berkembang," ujarnya.

Selain itu, dilanjutkan Roberto Carlos, kebanggan yang datang membela tim nasional adalah sesuatu yang mengalahkan semua penghargaan apa pun dalam sepakbola.

"Para pemain selalu ingin bermain untuk tim nasional mereka. Tidak masalah pertandingan seperti apa. Ketika Anda mengenakan jersey tim nasional Anda, Anda sangat senang ketika Anda bermain, terutama ketika Anda dipanggil untuk berada di tim," ungkap sosok berusia 48 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya