Comeback Mengerikan Brasil, Habisi Venezuela di Menit Akhir Laga

Gabriel Jesus saat Brasil vs Venezuela
Sumber :
  • Twitter/@CONMEBOL

VIVA – Timnas Brasil mencatatkan comeback gemilang atas Timnas Venezuela pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Tampil di Estadio Olimpico de la UCV, Jumat pagi WIB, 8 Oktober 2021, Seleccao yang awalnya tertinggal sukses membalikkan keadaan dan menang 3-1.

Daftar 8 Tim Lolos Perempat Final Piala Asia U-23, Thailand Gigit Jari

Brasil yang tampil tanpa Neymar langsung mendominasi jalannya pertandingan. Namun, mereka dapat ancaman lebih dulu dari Venezuela yang menyerang dari sisi sayap.

Menit 7, tim asuhan Tite hampir saja mencatatkan keunggulan lebih dulu. Sayang, tembakan yang dilepaskan oleh Gabriel Barbosa masih menyamping tipis dari gawang.

6 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia dan Thailand Bisa Nyusul

Petaka bagi Brasil datang di menit 11. Tandukan Eric Ramirez membawa Venezuela unggul usai memaksimalkan umpan dari Yeferson Soteldo yang membuat Alisson tak bergeming guna menyelamatkan gawangnya.

Dua peluang beruntun didapatkan Brasil dalam dua menit untuk bisa menyamakan kedudukan di menit 19 dan 21. Sayang, upaya dari Gabriel Jesus dan Everton Ribeiro tak kunjung menemui sasaran. Tak ada gol tambahan tercipta hingga turun minum.

Piala Asia U-23: Vietnam ke 8 Besar, Malaysia Gugur

Perubahan dilakukan Seleccao memasuki babak kedua dengan menarik Everton Ribeiro dan memasukkan Raphinha. Masuknya penggawa Leeds United itu terbukti mampu mengubah peruntungan Brasil.

Kendati demikian, Brasil masih belum mampu membongkar pertahanan Venezuela, setidaknya hingga menit 57. Di momen tersebut, Thiago Silva berhasil menyarangkan bola ke gawang memaksimalkan umpan Raphinha. Sial, dia lebih dulu terperangkap offside.

Meski begitu, gol yang dianulir tersebut jadi penanda kebangkitan Brasil di laga ini. Dan benar saja, Raphinha jadi aktor utama di balik gol penyama kedudukan yang dicetak Brasil. Dia memberi umpan dari sepak pojok yang mampu ditanduk Marquinhos dengan sempurna di menit 71.

Tim Samba akhirnya menuntaskan comeback dengan sempurna setelah di menit 83 mereka mendapatkan penalti setelah Gabi dijatuhkan di kotak terlarang. Gabi yang mengambil sendiri eksekusi penalti tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk membalikkan keadaan.

Dan di masa injury time, tepatnya 90+5, Brasil menambah pundi-pundi golnya melalui pemain yang belum lama menginjakkan kaki di lapangan, yakni Antony. Seleccao pun menutup duel ini dengan kemenangan 3-1.

Tambahan tiga poin membuat Brasil semakin kokoh di puncak klasemen dengan poin sempurna 27 angka. Mereka menyapu bersih kemenangan dari 9 laga. Sementara, Venezuela jadi juru kunci klasemen lantaran baru mengoleksi empat poin hasil dari satu kali menang dan sekali imbang disertai delapan kekalahan.

Susunan pemain

Venezuela: Joel Graterol (PG); Ronald Hernandez, Joshua Mejias (Jhon Chancellor 46'), Nahuel Ferraresi, Oscar Gonzalez, Jose Martinez (Edson Castillo 65'), Tomas Rincon (Junior Moreno 74'), Yeferson Soteldo, Adalberto Penaranda (Eduard Bello 59'), Eric Ramirez, Darwin Machis (Sergio Cordova 74').

Brasil: Alisson (PG); Guilherme Arana (Alex Sandro 90'), Thiago Silva, Marquinhos, Danilo (Emerson 77'), Lucas Paqueta (Vinicius Junior 63'), Gerson, Fabinho, Everton Ribeiro (Raphinha 46'), Gabriel Jesus (Antony 77'), Gabriel Barbosa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya