FIFA Pertimbangkan Tawaran Israel Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennet, bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino.
Sumber :
  • Times of Israel

VIVA – FIFA tengah mempertimbangkan tawaran Israel untuk menjadi tuan rumah bersama dengan negara lain di Piala Dunia 2030. 

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Wacana ini muncul setelah presiden FIFA, Gianni Infantino berkunjung ke kantor perdana menteri Israel, Naftali Bennet.

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Infantino telah menyelesaikan kunjungan selama dua hari ke Israel, pada Kamis 14 Oktober 2021, dengan bertemu Bennet dan presiden Isaac Herzog.

Infantino Buka Peluang Israel Gelar Acara Besar FIFA

Sindiran Menohok Justin Hubner Usai Indonesia Bantai Vietnam: Enteng!

Selama perjalanannya di Israel, orang tertinggi di badan sepakbola dunia itu kerap ditanyakan kemungkinan negara itu menjadi tuan rumah acara besar FIFA.

"Anda harus memiliki visi, impian, dan ambisi," kata Infantino, dalam pernyataan resmi FIFA, Kamis 14 Oktober 2021.

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • Verdict

"Dalam beberapa bulan terakhir, saya berada di Dubai, di mana Asosiasi Sepakbola Uni Emirat Arab dan Asosiasi Sepakbola Israel telah menandatangani perjanjian yang bersejarah," sambungnya.

"Saya pikir menjadi tuan rumah bersama adalah sebuah masa depan, jadi mengapa tidak memimpikan dan memikirkannya -- baik itu di tingkat junior atau senior, pria atau wanita -- karena Piala Dunia FIFA memiliki keajaiban unik dalam menyatukan orang dan menyatukan rakyat," ujarnya.

Israel Sambut Baik Pembicaraan dengan FIFA

Bendera Israel.

Photo :
  • thebluegrassspecial.com

Dalam sebuah pernyataan kantor perdana menteri Israel, diungkapkan pembicaraan Bennet dengan Infantino.

"Presiden FIFA mengemukakan gagasan bahwa Israel akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, bersama dengan negara-negara lain di kawasan ini, yang dipimpin oleh Uni Emirat Arab," tulis pernyataan tersebut.

Pernyataan singkat itu juga mengatakan bahwa mantan menteri keuangan Amerika Serikat era presiden Donald Trump, Steven Mnuchin, dan duta besar AS untuk Israel, David Friedman, hadir dalam pertemuan tersebut.

Butuh Usaha Besar untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Berbicara di sebuah konferensi yang digelar Jerusalem Post, Infantino menekankan, besarnya usaha yang harus dilakukan jika ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Hari ini, menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA adalah usaha yang sangat besar. Soalnya, ini lebih dari sekadar olahraga," ucap Infantino.

"Ini adalah acara di mana Anda memiliki 3,5 hingga 4 juta tiket terjual, di mana Anda memiliki 1,5 hingga 2 juta orang mengunjungi suatu negara, di mana Anda memiliki penonton dunia, dengan empat miliar orang dalam konteks Piala Dunia FIFA, dan 1,2 miliar orang untuk Piala Dunia Wanita FIFA," jelasnya.

Selain itu, selama kunjungannya di Israel, Infantino juga menegaskan, bahwa FIFA ingin berkontribusi dalam perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya