Kawasaki Frontale Juara J League 2021

Kawasaki Frontale juara J League 2021
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Kawasaki Frontale memastikan diri menjadi juara J League 2021. Hasil ini tidak lepas dari hasil imbang 1-1 yang mereka dapatkan saat menjamu Urawa Red Diamonds pada Rabu 3 November 2021.

Tekuk Indonesia 3-1, China Kawinkan Gelar Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Pertandingan tersebut berlangsung di Todoroki Stadium. Tuan rumah sempat unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak oleh Jesiel pada menit ke-33, tapi kemudian Urawa Red Diamonds menyamakan kedudukan di menit akhir pertandingan.

Pada pertandingan lainnya, Yokohama F. Marinos yang ada di urutan kedua klasemen menelan kekalahan. Mereka takluk dalam laga menghadapi Gamba Osaka.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Dengan begitu, Yokohama F. Marinos masih tetap memiliki 72 poin. Masih ada sisa empat pertandingan lagi musim ini, tapi itu tak cukup untuk mengejar perolehan Kawasaki Frontale.

Ini menjadi gelar juara J League keempat Kawasaki Frontale dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya mereka jadi jawara di musim 2017, 2018, dan 2020. Dan ini jadi raihan mereka sepanjang sejarah tim berdiri.

Tangis Chiharu Shida Usai Jepang Gagal ke Final Uber Cup 2024

Empat gelar juara J League sebanyak empat kali membuat mereka bersanding dengan Yokohama F. Marinos. Sedangkan tim paling banyak juara, yakni delapan kali adalah Kashima Antlers.

Kawasaki Frontale saat juara J League 2020

Photo :
  • Dok. J League

Pemain Paling Produktif

Penyerang Kawasaki Frontale, Leandro Damiao menjadi pemain paling tajam. Sejauh ini, dia sudah emncetak 17 gol di J League. Dia berada di posisi teratas pencetak gol terbanyak bersama Daizen Maeda dari Yokohama F. Marinos.

Sedangkan pemain yang paling banyak bermain di J League untuk Kawasaki Frontale adalah Akihiro Ienaga dan Miki Yamane. Total mereka bermain sebanyak 33 laga dari 34 yang telah dilalui.

Yang kemudian menjadi catatan baik ada pada pelatih Toru Oniki. Dia yang berhasil mempersembahkan gelar juara sebanyak empat kali bersama Kawasaki Frontale.

Berikut ini daftar juara J League:

8 Gelar - Kashima Antlers
4 Gelar - Yokohama F. Marinos, Kawasaki Frontale
3 Gelar - Jubilo Iwata, Sanfrecce Hiroshima
2 Gelar - Gamba Osaka, Tokyo Verdy
1 Gelar - Urawa Red Diamonds, Nagoya Grampus, Kashiwa Reysol

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya