7 Pemain yang Masuk Nominasi Ballon dOr Terbanyak, Ronaldo atau Messi?

Nominasi Ballon dOr
Sumber :
  • Foottheball

VIVA – Nominasi Ballon dOr kerap diisi oleh nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai dua pemain sepak bola terbaik di dunia. Ballon dOr merupakan sebuah penghargaan individu yang paling berkelas untuk para pemain sepak bola. Ajang ini diperkenalkan oleh French Footbal tahun 1956 dan merupakan sebagai hadiah tahunan yang dipersembahkan untuk pemain terbaik klub dan negaranya sepanjang tahun tersebut. Para pelatih dan kapten dari semua tim nasional dan jurnalis terpilih mesti membuat tiga nominasi teratas dari daftar pemain terbaik yang diumumkan sebelumnya.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Pemain yang memperoleh nominasi top, dialah yang akan mendapatkan penghargaan tersebut. Walaupun penghargaan ini sudah dibuka untuk seluruh pemain di dunia sejak tahun 2007, namun hanya lima pemain liga teratas yang berhasil memenangkan trofi Ballon dOr sejak tahun 1995. Sepanjang tahun, banyak pemain top dunia yang sudah menerima nominasi Ballon dOr, tapi tentunya ini merupakan sebuah ajang pertandingan jadi tidak semuanya bisa menang. Nah, untuk lebih memahami mengenai siapa saja nominasi Ballon dOr yang paling sering, simak ulasan berikut yang disadur dari Sport Skeeda.

Lantas, Siapa Pemain yang Paling Sering Nominasi Ballon dOr?

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

7. Zlatan Ibrahimovic – 11 Kali

Ekspresi kocak bocah maskot saat bersua Ibrahimovic

Photo :
  • twitter.com/acmilan
Terinspirasi dari Keluarga Temannya, Mantan Pemain Real Madrid Masuk Islam

Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu pemain yang kerap menghiasi kancah sepak bola terutama setelah pergantian abad. Ibrahimovic berhasil meraih gelar liga di empat negara yang berbeda dan mengantongi lima penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak. Tapi, trofi Ballon dOr masih enggan untuk mampir ke tangannya.

Ibrahimovic sudah mendapatkan nominasi sebanyak 11 kiali untuk penghargaan paling bergengsi tersebut. Akan tetapi, tidak satu kali pun naik ke podium. Walaupun demikian, pria yang kini berusia 40 tahun tersebut masih menjadi pemain top untuk klub dan negaranya. Dia bahkan menjadi pencetak gol terbanyak Swedia baru-baru ini.

6. Gianluigi Buffon – 11 Kali

Kiper PSG, Gianluigi Buffon.

Photo :
  • instagram.com/psg/

Buffon merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah yang belum pernah meraih penghargaan Ballon dOr. Dia sebenarnya dianggap sebagai kiper terbaik yang berhasil menghiasi kancah sepak bola dan masih kompetitif di usia 43 tahun. Ia menerima 11 kali nominasi Ballon dOr tapi hanya sekali naik podium, menempati urutan kedua, kalah dari rekan satu negara, Fabio Cannavaro.

Dalam nominasi Ballon dOr terbarunya tahun 2017, ia berada di urutan keempat, dan kala itu pemenangnya adalah Cristiano Ronaldo. Sepanjang kariernya di Serie A sekira 25 tahun, menjuarai Piala Dunia FIFA 2006 itu berhasil mengemas 299 clean sheet. Buffon juga sudah memenangkan 11 gelar liga dan 10 diantaranya ketika ia membela Juventus.

5. Franz Beckenbauer – 12 Kali

Legenda Jerman, Franz Beckenbauer.

Photo :
  • tz.de

Franz Beckenbauer merupakan salah satu bek terbaik dalam sejarah. Der Kaiser merintis peran sebagai penyapu (libero) dengan pengaruh besar tahun 1960-an dan 1970-an. Ia merupakan pemain pertama yang berhasil menang dua penghargaan trofi bergengsi Ballon dOr, ia juga berhasil mencapai tonggak sejarah dengan kemenangan keduanya tahun 1976, empat tahun sesudah yang pertama.

Beckenbauer mengawali kariernya menjadi seorang gelandang pada legenda Bayern Munchen dan Jerman (Barat). Ia berhasil memenangkan setiap gelaran utama untuk klub dan negaranya. Pria yang kini berusia 76 tahun tersebut memenangkan Piala Eropa dan dua Piala Dunia bersama dengan Jerman. Bersama Bayern Munich, Beckenbauer sukses meraih empat Bundesliga dan tiga Piala Eropa yang kini disebut Liga Champions.

4. Johan Cryuff – 12 Kali

Johan dan Jordi Cryuff

Photo :
  • dailymail

Johan Cryuff merupakan seorang legendaris di dunia sepak bola. Ia juga mendukung filosofi Total Footbal ala Rinus Michels. Cryuff sukses menempatkan Ajax di peta Eropa, berhasil memenangkan delapan gelar Eredivisie dan tiga Piala Eropa. Ia kemudian mengulangi kemenangannya di Barcelona, mengakhiri penantian klub untuk mendapatkan gelar liga selama hampir satu dekade.

Sebagai seorang legenda kedua di klub, Cryuff berhasil meraih tiga penghargaan Ballon dOr, yang pertama dari han ya lima pemain dalam sejarah. Kemudian pada tahun berikutnya, dia kritis terhadap pemilihan pemenang trofi Ballon dOr, mengejeknya sebagai ‘kelompok jurnalis dan orang yang memilih teman mereka’.

3. Paolo Maldini – 13 Kali

Legenda AC Milan, Paolo Maldini.

Photo :
  • DAYLIFE

Paolo Maldini merupakan salah seorang pemain terbaik yang tidak pernah memenangkan penghargaan paling bergengsi, Ballon dOr. Padahal dia sudah 13 kali masuk ke dalam nominasi tersebut, tapi hanya naik podium sebanyak dua kali tahun 1994 dan 2003. Ini merupakan nominasi terbanyak yang didapatkan pemain dalam sejarah yang tanpa memenangkan penghargaan.

Maldini dapat dikatakan sebagai bek terbaik sepanjang sejarah dunia sepak bola. Sepanjang kariernya di level klub selama dua setengah dekade, Maldini hanya bermain untuk satu tim saja yaitu AC Milan. Meski ia pernah mendapatkan tawaran menggiurkan dari tempat lain. Pria yang sudah berusia 53 tahun tersebut berhasil memenangkan gelar liga dan lima gelar Piala Eropa termasuk dalam era Liga Champions. Baru-baru ini, Maldini berhasil terpilih menjadi bek kiri terbaik sepanjang masa oleh juri yang terdiri atas 140 jurnalis.

2. Lionel Messi – 15 Kali

Pencapaian Lionel Messi

Photo :
  • instagram.com/psg

Saat ini Messi berhasil memenangkan trofi Ballon dOr sebanyak enam kali. Sepanjang kariernya, ia sangat sukses dalam membela klub atau negaranya. Bahkan Messi sudah mengemas gol dan meraih kemenangan yang banyak, baik untuk individu atau tim. Pemenang Pinchichi sebanyak delapan kali ini merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang berhasil memenangkan enam trofi Ballon dOr.

Pertama kali, Messi memenangkan penghargaan bergengsi tersebut pada 2009. Sepuluh tahun berlalu sesudah memenangkan penghargaan pertama, La Pulga sukses menjadi pemenang enam kali Ballon dOr. Sesudah memimpi Argentina untuk menjuarai Copa America 2021, Messi merupakan salah satu yang terfavorit untuk meraih penghargaan ini. Sesudah merumput di Barcelona, musim panas ini ia pindah ke PSG.

1.  Cristiano Ronaldo – 17 Kali

Kekalahan terbesar Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Twitter

Ronadlo, seperti Messi, dapat dikatakan sebagai pemain sepak bola terbaik di dunia sepanjang sejarah. Ronaldo merupakan satu-satunya pemain yang berhasil memenangkan lima gelar pada Liga Champions, dan lima penghargaan untuk Ballon dOr. Saat ini, Ronaldo kembali ke Manchester United untuk memperkuat tim tersebut dengan mencetak tujuh gol dalam semua kompetisi.

Di awal musim panas ini, CR7 sukses memecahkan sejarah di Piala Eropa dengan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang kompetisi. Ia berhasil mencetak lima gol dan membuat satu assist untuk meraih penghargaan sepatu emas. Beberapa minggu lalu, pacar dari Georgina Rodriguez ini menerima nominasi Ballon dOr untuk ke-17 kalinya. Ronaldo telah naik podium sebanyak 12 kali seperti Messi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya