Profil Kawasaki Frontale, Juara J League 2021

Kawasaki Frontale juara J League 2021
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Kawasaki Frontale keluar sebagai juara J League 2021. Ini adalah gelar keempat dari lima musim terakhir mereka mentas di kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Bukan cuma J League yang mereka kuasai dalam lima musim terakhir. Ada jug helar juara J League Cup 2019, Piala Kaisar 2020, dan dua kali juara Piala Super Jepang pada 2019 dan 2021.

Kawasaki Frontale memiliki sederet prestasi luar biasa dibarengi dengan penampilan apik dari Kengo Nakamura. Legenda klub yang kemudian memilih pensiun di akhir musim lalu.

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

Hampir dua dekade Nakamura membela Kawasaki Frontale. Itu sebabnya mengapa suporter begitu mengidolakannya.

Kekuatan tim besutan Toru Oniki memang layak diwaspadai oleh tim pesaing. Dia merintis dari awal, yakni tim usia muda, asisten pelatih, dan pada 2017 dipercaya menjadi pelatih kepala.

Justin Hubner Pilih Cerezo Osaka, Jangan Remehkan Liga Jepang

Sederet pemain asing berkualitas pernah membela Kawasaki Frontale. Contohnya adalah Leandro Damiao, Jesiel, Joao Schimdt, hingga Jung Sung-ryong.

Untuk pemain lokal, kualitasnya juga tak kalah bagus. Ada sosok senior seperti Yu Kobayashi, lalu ada juga Kaoru Mitoma, Ao Tanaka, dan yang lainnya.

Kawasaki Frontale juara J League 2021

Photo :
  • Dok. J League

Tajam di Depan

Di musim ini, lini depan Kawasaki Frontale tampil tajam. Leandro Damiao yang pernah membela Timnas Brasil tercatat sebagai pencetak gol terbanyak J League. Dia mencetak 18 gol hingga pekan ke-34.

Lalu ada juga Yu Kobayashi yang membukukan 10 gol. Peran mereka di lini depan begitu penting bagi tim dalam memetik kemenangan di setiap pertandingan. Tak ayal jika kemudian tim pesaing begitu waspada kepada mereka.

Kawasaki Frontale merupakan tim yang berasal dari Kota Kawasaki di Prefektur Kanagawa. Klub ini didirikan pada 1995 oleh perusahaan telekomunikasi dan komputer asal Jepang, Fujitsu.

Awalnya nama yang disandang adalah Fujitsu Soccer Club. Selang dua tahun kemudian diganti menjadi Kawasaki Frontale. Frontale diambil dari bahasa Italia yang berarti Frontal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya