Tak Disangka, Ini 9 Aksi Mulia Cristiano Ronaldo yang Menyentuh Hati

Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • Marca

VIVA Aksi mulia Cristiano Ronaldo yang bikin meleleh kerap disorot oleh berbagai media yang menjunjung dirinya. Bintang Manchester United sekaligus Timnas Portugal ini adalah salah satu pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Sampai saat ini, hanya sang rival abadi yang menyaingi pendapatan dari Cristiano Ronaldo. Bukan hanya memperoleh pendapatan dari lapangan hijau, berkat kepopulerannya, ayah empat anak ini mengantongi pendapatan besar dari kerja sama dengan sponsor. Sponsor yang telah bekerja sama dengan Cristiano Ronaldo antara lain adalah Nike, Armani, KFC, sampai Herbalife. Selain itu, Ronaldo juga meraup penghasilan yang melimpah dari berbagai bisnisnya seperti sepatu, baju, pakaian dalam, sampai hotel.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Dijunjung oleh para penggemar karena kemampuan dan prestasinya, Ronaldo juga mempunyai pasukan yang membenci dirinya yang begitu terobsesi dengan penampilan dan merek. Disamping banyak yang mencemooh CR7, mungkin tidak banyak yang mengetahui mengenai berbagai kegiatan mulia yang dilakukan olehnya. Pesepakbola asal Portugal ini dikenal sebagai pemain yang murah hati dan berkelakuan baik. Bahkan, dirinya merupakan salah satu atlet yang merogoh kocek untuk turut menangani Covid-19 yang sedang menyerang dunia. Diketahui, Ronaldo juga sering melakukan berbagai aksi mulia dan menyentuh untuk para penggemarnya. Nah, berikut adalah ulasan mengenai aksi mulia Cristiano Ronaldo seperti yang disadur dari berbagai sumber.  

Lalu, Apa Saja Aksi Mulia Cristiano Ronaldo?

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

1. Rela Potong Gaji untuk Lawan Covid-19

Kekalahan terbesar Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Twitter
5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Jumlah kekayaan Cristiano saat ini diperkirakan mencapai 500 juta pounds atau setara dengan Rp9,15 triliun. Kamu bisa saja berpikir bahwa pemotongan gaji sepanjang konidisi yang tidak menentu karena pandemi Covid-19 tak akan merugikan sang bintang. Namun, banyak juga atlet yang menentang dengan pendapat tersebut. Sang mega bintang, malah memilih untuk menjadi pelopor dalam pemotongan gaji tersebut. Dengan sukarela, dirinya membiarkan gaji selama bulan Maret, April, Mei, dan Juni dipangkas sambil melihat perkembangan dampak dari keganasan virus tersebut pada dunia sepak bola. Diperkirakan, kekayaan Ronaldo telah hilang sekitar 3,8 juta pounds atau sekitar Rp69,6 miliar karena pemotongan gaji tersebut.

2. Menyumbangkan Separuh Bonus dari Timnas Portugal

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Menurut pengakuan dari rekan setim Cristiano Ronaldo yang kini menjadi bintang Manchester City, Bernardo Silva, pemain sepak bola internasional tersebut mengajak seluruh Timnas Portugal untuk melakukan donasi bersama. Pacar dari Georgina Rodriguez ini mangakan para pemain Portugal untuk menyumbangkan 40% bonus yang mereka dapatkan berkat lolos ke Final Piala Eropa 2020 untuk memerangi virus corona.

3. Jual Ballon d’Or untuk Amal

Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Twitter

Aksi mulia Cristiano Ronaldo berikutnya adalah menjual trofi Ballon d’Or. Tahun 2017 lalu, Cristiano Ronaldo sempat menjual salah satu barang berharga miliknya. Kali ini, barang berharga yang dijual oleh Cristiano Ronaldo merupakan trofi Ballon dOr 2013. Trofi bergengsi tersebut dilelang oleh dirinya dalam acara amal di London. Gala dinner yang digelar oleh Yayasan Make-A-Wish Foundation. Yayasan ini menitikberatkan pada anak-anak yang terancam nyawanya dan tengah menderita sakit parah. Trofi paling berharga di dunia sepak bola tersebut berhasil dilelang sekitar 530 ribu pounds atau setara Rp9,7 miliar.

4. Menjadi Duta Yayasan Kemanusiaan

Cristiano Ronaldo.

Photo :
  • Marca

Secara terus menerus CR7 memakai citra globalnya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Dirinya berhasil menjadi duta untuk tiga organisasi amal, yaitu Save the Children, Unicef, dan World Vision. Ronaldo juga kerap membicarakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Ketika berpidato dalam penerimaan trofi Ballon dOr 2014, ia menceritakan tentang kelompok anak-anak pengidap leukimia yang ditemui olehnya.

Tahun 2016, Cristiano Ronaldo merekam sebuah pesan yang ditujukan kepada anak-anak yang terdampak konflik di Suriah. Ronaldo mengatakan bahwa anak-anak tersebut adalah pahlawan sejati dan menegaskan bahwa dirinya selalu siap untuk mendampingi mereka. Cristiano Ronaldo juga pernah menyumbangkan donasi rahasia kepada Save the Children, tapi jumlahnya masih dirahasiakan.

5. Jual Sepatu Emas untuk Berdonasi

Ilustrasi Fakta Menarik Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Manchester United

Aksi mulia Cristiano Ronaldo selanjutnya adalah menjual sepatu emas. Tahun 2011 silam, nama Cristiano Ronaldo berhasil meraih Sepatu Emas sesudah mengemas 40 gol bersama Real Madrid. Ketika itu, Los Blancos hanya finis di posisi kedua dalam La Liga dan tersingkir di semifinal Liga Champions. Daripada menyimpan penghargaan tersebut di lemari trofinya, Ronaldo lebih memilih untuk menjualnya dan kemudian didonasikan. Sepatu emas tersebut berhasil dilelang dengan harga 1,2 juta pounds atau setara Rp21,9 miliar. Uang tersebut kemudian disumbangkan guna membangun sekolah di Gaza.

6. Memberikan Jersey ke Gadis Cilik

Cristiano Ronaldo

Photo :
  • instagram

Ketika bersua dengan Republik Irlandia, Cristiano Ronaldo gagal membawa Timnas Portugal untuk meraih kemenangan dalam laga kesempilan Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat, 12 November 2021, dini hari. Walau tidak mengemas gol, dirinya tetap menjadi sorotan. Karena, usai pertandingan, Ronaldo memberikan jersey yang dipakainya kepada seorang fans cilik yang masuk ke lapangan. Bahkan, Ronaldo sampai memeluk anak tersebut.

7. Sumbangan Bonus untuk Palang Merah dan UNICEF

Cristiano Ronaldo saat di MU periode 2003-2009

Photo :
  • Sky Sport

Cristiano Ronaldo juga pernah menyumbangkan uang bonus yang diperoleh dari UEFA berkat penampilan yang luar biasa di lapangan hijau. Tahun 2013, dirinya dinobatkan sebagai bagian Tim Terbaik Eropa dan berhak untuk memperoleh bonus 89 ribu pounds atau setara Rp1,6 miliar dari UEFA. Tapi, bukan malah mencairkan uang tersebut, CR7 memilih untuk menyumbangkannya ke Palang Merah.

Setahun berselang, dirinya menginisiasi keberhasilan Real Madrid untuk meraih gelar ke-10 dalam Liga Champions dan diberikan bonus sebesar 450 ribu pounds atau setara dengan Rp9,89 miliar dari Los Blancos. Namun, sama seperti sebelumnya, Cristiano Ronaldo memilih untuk menyumbangkannya kepada UNICEF, World Vision, dan Save the Children.

8. Sumbangan untuk Perawatan Kanker di Portugal

Cristiano Ronaldo bersama ibunya, Maria Dolores dos Santos Aveiro.

Photo :
  • instagram.com/cristiano/

Sang ibunda Cristiano Ronaldo, Dolores Aveiro, berhasil selamat dari serangan penyakit kanker payudara tahun 2007. Mantan pemain Juventus tersebut sangat berterima kasih kepada pusat perawatan kanker yang ada di Portugal yang sudah merawat ibunya. Karena itu, dirinya menyumbangkan sekitar 120 ribu pounds atau setara dengan Rp2,19 miliar kepada mereka.

9. Mengundang Anak Yatim-Piatu

Cristiano Ronaldo saat memperkuat Juventus

Photo :
  • /twitter.com/juventusfcen

Aksi mulia Cristiano Ronaldo terakhir adalah mengundang anak yatim. Salah satu penggemar Real Madrid yang bertempat tinggal di Beirut, Lebanon, Haider, menjadi seorang yatim piatu karena kedua orang tuanya terbunuh setelah serangan bom bunuh diri. Berita tersebut sampai ke Real Madrid dan anak tersebut kemudian diundang oleh klub raksasa Spanyol. Ketika berada di Madrid, anak tersebut bertemu dengan sang bintang, Ronaldo, yang menjadi pemain favoritnya. Video tersebut sangat mengharukan ketika anak tersebut dipeluk Ronaldo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya