Gawat, Timnas Italia dan Portugal Bisa Saling Bunuh di Partai Playoff

Pertandingan Timnas Italia melawan Irlandia Utara
Sumber :
  • twitter.com/Azzurri_En

VIVA – Kejutan terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Dua tim kuat, Timnas Italia dan Portugal gagal mengamankan tiket langsung ke Qatar.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Italia dan Portugal harus puas menempati posisi runner up masing-masing grup. Itu berarti, mereka harus melalui jalur playoff dengan skenario yang rumit.

Dilansir situs resmi UEFA, playoff kali ini menggunakan sistem yang lain dari biasanya. Sebanyak 12 negara dibagi dalam tiga jalur (path A, B dan C). Nantinya di masing-masing jalur, ada dua semifinal dan satu final. Akhirnya, tiga negara dari tiga final yang berhak atas tiket terakhir ke Piala Dunia 2022. 

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Semifinal playoff digelar pada 24-25 Maret, sedangkan final digelar pada 28-29 Maret 2022.  Semifinal dan final digelar dengan sistem single leg atau satu pertandingan. Adapun proses undian akan pada 26 November 2021 pukul 22.00 WIB di Zurich, Swiss.

Hasil Lengkap: Timnas Israel Hancur Lebur, Portugal Hajar Swedia

Portugal dan Italia Bisa Saling Bunuh
UEFA menetapkan pot unggulan dan non unggulan saat undian nanti. Semuanya berdasarkan performa pada Kualifikasi Piala Dunia.

Portugal dan Italia dipastikan terhindar di semifinal karena sama-sama menempati pot unggulan. Namun, mereka bisa saja harus saling bunuh di final jika hasil undian menakdirkan keduanya berada di jalur yang sama.

Ronaldo menangis saat Timnas Portugal gagal lolos langsung ke Piala Dunia

Photo :
  • MARIO CRUZEFE

Sebagai tim unggulan, Portugal dan Italia dipastikan menjadi tuan rumah di semifinal. Namun, untuk final akan ditentukan dalam proses undian.

Saat ini, 10 tim sudah dipastikan lolos ke partai playoff. Delapan tim merupakan runner up masing-masing grup, sedangkan sisanya lolos melihat performa di UEFA Nations League.

Tersisa dua tim lagi yang akan tampil di playoff. Itu baru bisa dilihat usai laga nanti malam atau Rabu dini hari WIB, 17 November 2021.

Berikut peserta playoff Piala Dunia 2022

Pot 1 (unggulan)
1. Italia
2. Portugal
3. Rusia
4. Skotlandia

Pot 1 atau 2
5. Republik Ceko
6. Polandia
7. Swedia
8. Wales
9. Runner up Grup D (Finlandia/Ukraina)
10. Runner up Grup G (Belanda/Turki/Norwegia)

Pot 2 (non unggulan)
11. Austria
12. Makedonia Utara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya