Undian Playoff Piala Dunia 2022, Italia Berpotensi Jumpa Portugal

Timnas Italia merayakan gol
Sumber :
  • twitter.com/Azzurri

VIVA – Undian playoff Piala Dunia 2022 telah dilangsungkan, pada Jumat malam WIB, 26 November 2021. Dari zona Eropa atau UEFA, Timnas Italia berpotensi jumpa Portugal.

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Jika Italia dan Portugal berhasil mengalahkan lawan mereka masing-masing di babak semifinal, keduanya bakal saling baku hantam di partai final. Sebab, Italia dan Portugal berada dalam satu path.

Gli Azzurri akan bertemu Makedonia Utara pada babak semifinal playoff zona Eropa path C. Sedangkan, Timnas Portugal bakal berhadapan dengan Turki.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

Sementara itu, Timnas Skotlandia akan berjumpa Ukraina dan Wales bertemu Austria di babak semifinal path A. Lalu, Rusia bertemu Polandia, dan Swedia menghadapi Republik Ceko di babak semifinal path B.

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • belta.by
Shayne Pattynama Beri Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Dari hasil undian di atas, terdapat tiga path atau jalur yang tersisa untuk mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022, dengan masing-masing menyediakan satu pemenang yang akan melaju ke Qatar. Total, hanya tiga negara yang lolos.

Laga playoff zona Eropa ini akan berlangsung pada 24 Maret hingga 29 Maret 2022, dengan melibat 10 runner up dari babak penyisihan sebelumnya, serta dua pemenang grup terbaik dari UEFA Nations League 2020/21 yang gagal lolos langsung sebagai juara grup, atau sebagai salah satu runner up grup.

Enam runner up dengan peringkat terbaik berdasarkan jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol masuk ke dalam pot 1 sebagai unggulan dan akan menjalani babak semifinal sebagai tuan rumah.

Enam tim yang tersisa kemudian akan masuk ke dalam pot 2 sebagai bukan unggulan, dan harus bertindak sebagai tim tamu. Sedangkan, untuk partai final masing-masing path, juga akan digelar dengan satu leg dengan penentuan tuan rumah berdasarkan undian.

Berikut hasil undian playoff Piala Dunia 2022 zona UEFA:

Path A

Skotlandia vs Ukraina
Wales vs Austria

Final
Wales/Austria vs Skotlandia/Ukraina

Path B

Rusia vs Polandia
Swedia vs Republik Ceko

Final
Rusia/Polandia vs Swedia/Republik Ceko

Path C

Italia vs Makedonia Utara
Portugal vs Turki

Final
Portugal/Turki vs Italia/Makedonia Utara

Playoff Antarbenua

Selain menggelar undian playoff zona Eropa, FIFA juga mengadakan undian playoff antarbenua yang menyisakan dua tiket menuju Qatar.

Nantinya, playoff antarbenua akan dimainkan oleh empat negara, yang terdiri dari peringkat pertama OFC (Oseania), peringkat kelima CONMEBOL (Amerika Selatan), peringkat kelima AFC (Asia), dan peringkat keempat CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia).

Dari hasil undian tersebut, peringkat kelima dari AFC akan menghadapi peringkat kelima dari CONMEBOL. Sedangkan, juara OFC akan berjumpa peringkat keempat dari CONCACAF.

Menurut jadwal, playoff antarbenua digelar satu leg saja di tempat netral, pada tanggal 13 atau 14 Juni 2022.

Berikut hasil playoff anterbenua Piala Dunia 2022

AFC vs CONMEBOL
CONCACAF vs OFC

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya