Piala Arab Jadi Ajang Uji Coba Offside Semi Otomatis FIFA

Ilustrasi pemain dalam posisi offside.
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA – Badan Sepakbola Dunia (FIFA) akan menguji teknologi offside semi otomatis dalam Piala Arab 2021 di Qatar yang dimulai pekan ini. Kepala Wasit, Pierluigi Collina mengatakan, kompetisi ini jadi uji coba terpenting sistem itu baru ini.

Jebakan Offside Persib Bandung Viral, Bojan Hodak Beri Penjelasan

Teknologi ini didasarkan kepada pelacakan anggota badan dan memberikan informasi kepada Video Assistant Referee (VAR) sebelum ofisial lapangan mengambil keputusan terakhir.

"Kami akan memasang kamera di bawah atap setiap stadion," kata Direktur Teknologi dan Inovasi Sepak Bola FIFA Johannes Holzmueller seperti dikutip Reuters, Selasa 30 November 2021.

Widodo Cahyono Putro Soroti Penggunaan VAR di Laga Arema FC Vs Persija Jakarta

"Data pelacakan anggota badan yang diekstraksi dari video itu akan dikirimkan ke ruang operasi dan penghitungan garis offside serta titik tendangan yang terdeteksi disampaikan kepada operator tayang ulang hampir secara seketika."

"Operator tayang ulang kemudian diberi kesempatan untuk segera menunjukkannya kepada VAR. Dalam Piala Arab FIFA, asisten VAR yang dikhususkan untuk stasiun offside dapat segera memvalidasi dan mengonfirmasi informasi itu."

Setelah Timnas Indonesia, Kini Giliran Timnas Oman Dirugikan VAR di Piala Asia

Mulai Diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar?

Logo di kantor FIFA

Photo :

Kepala Pengembangan Sepakbola Global FIFA, Arsene Wenger mengatakan April silam bahwa dia berharap lembaganya tersebut sudah siap menerapkan teknologi tersebut pada Piala Dunia Qatar tahun depan.

Pada Maret, mantan striker Belanda Marco van Basten meminta anggota parlemen sepak bola untuk mempertimbangkan menghapus aturan offside, dengan menyebut sepakbola menjadi lebih baik tanpa itu.

Pertandingan sepakbola sudah dihujani panggilan offside yang kontroversial sejak VAR diperkenalkan karena semakin besarnya kekhawatiran atas waktu yang dibutuhkan dan ketepatan penilaian offside.

"Teknologi sangat penting dan berguna baik dalam persiapan pra pertandingan maupun proses pengambilan keputusan selama laga. Dalam insiden offside, keputusan dibuat setelah menganalisis, tidak hanya posisi pemain tetapi juga keterlibatan mereka dalam pergerakan," kata Collina.

"Teknologi saat ini atau nanti bisa menarik garis tetapi penilaian yang mempengaruhi pertandingan atau lawan tetap berada di tangan wasit," lanjutnya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya