5 Pemain Hebat Sepanjang Masa yang Gagal Raih Ballon d'Or

Striker Bayern Munich, Reobert Lewandowski
Sumber :
  • Robert Lewandowski / instagram

VIVA – Walaupun menjadi pemain terhebat sekalipun, beberapa diantara mereka belum pernah mendapatkan trofi paling bergengsi di dunia sepak bola, Ballon d’Or. Ballon d’Or sendiri merupakan sebuah penghargaan tahunan yang dianugerahkan kepada para pemain yang menonjol, baik untuk klub atau negara oleh France Football. Penghargaan ini pertama kali diperkenalkan kepada publik tahun 1956 dan pemain sepak bola di seluruh dunia yang memenuhi syarat berpotensi untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Hajar Arema FC, Modal PSS Sleman Selamat dari Degradasi

Selama bertahun-tahun, telah banyak pemain kelas dunia yang berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or, dan beberapa dari mereka pernah mendapatkannya beberapa kali. Seperti yang dilakukan oleh Lionel Messi, ia berhasil memenangkan penghargaan sebanyak tujuh kali dan membuat rekor pertama yang berhasil meraih trofi tersebut, ia hanya unggul dua poin dari pemain terhebat dunia, yaitu Cristiano Ronaldo. Akan tetapi, penghargaan tersebut terbukti sangat sulit untuk didapatkan oleh para pemain top, meski sudah tampil sangat konsisten untuk klub dan negara.

Menyadur dari Sportskeeda, berikut adalah ulasan mengenai pemain terhebat yang belum pernah mendapatkan trofi Ballon d’Or.

PSS Sleman Berharap Wasit Pimpin Duel Lawan Arema FC dengan Fair Play

Lantas, Siapa Saja Pemain Terhebat yang Belum Pernah Mendapatkan Trofi Ballon d’Or?

1. Kenny Dalglish – Runner-up Ballon d’Or 1983

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain

Kenny Dalglish

Photo :
  • mirror

Kenny adalah salah seorang pemain terbaik selama bermain sepak bola. Legenda Liverpool ini sudah menjadi pemain top untuk klub dan negara sejak tahun 70-an sampai 80-an. Bahkan, ia sukses membawa banyak trofi selama berkarier di klubnya. Ia meraih 12 gelar liga, delapan bersama Setan Merah dan empat diantaranya dengan Celtic.

Dalglish sukses finis di belakang pemain Prancis, Michel Platini dalam klasemen Ballon d’Or 1983. Walaupun mempunyai perawakan yang kecil, ia berhasil mengemas hampir 200 gol dalam sebuah periode paling makmur Liverpool dan menjadi sejarah mereka yang termasyhur.

2. Paolo Maldini – Peraih Podium Dua Kali Ballon d’Or

Legenda AC Milan, Paolo Maldini.

Photo :
  • DAYLIFE

Paolo Maldini secara luas dikenal sebagai salah satu bek terbaik dalam sejarah sepak bola. Sepanjang kariernya bersama klub, pria yang satu ini membuat lebih dari 900 pertandingan dalam semua kompetisi untuk AC Milan. Ia sukses memenangkan tujuh gelar liga dan lima Piala Eropa bersama dengan AC Milan, serta dua diantaranya dalam masa Liga Champions.

Ia juga bermain peran kunci di Italia dengan mencapai Piala Dunia FIFA 1994 dan final Kejuaraan Eropa 2000. Maldini berhasil finis di podium Ballon d’Or karena prestasi kemenangan Milan di Eropa tahun 1994 dan 2003, ia finis ketiga dalam kesempatan tersebut. Saat ini, ia menjadi direktur teknis di AC Milan, dan menjadi salah satu pemain terbaik yang belum pernah memenangkan penghargaan Ballon d’Or.

3. Thierry Henry – Runner-up Ballon d’Or 2003

Thierry Henry saat masih membela Arsenal

Photo :
  • Football London

Thierry Henry merupakan salah satu legenda lain dari permainan sepak bola yang tidak pernah mendapatkan trofi Ballon d’Or. Sepanjang kariernya, ia sangat terkenal untuk klub dan negaranya, pemain asal Prancis ini sudah mencetak gol untuk bersenang-senang dan memperoleh berbagai gelar utama. Ia berhasil meraih Piala Dunia FIFA 1998 dan Piala Eropa 2000 ketika bersama Arsenal.

Kemudian tahun 2003, Henry hanya berhasil lolos sampai Runner-up berada di belakang Pavel Nedved dalam perlombaan Ballon d’Or. Ini bisa dikatakan sebagai salah satu penghinaan terbesar dalam sejarah sepak bola. Sebab, Henry mempunyai tingkat kontribusi gol yang jauh lebih unggul sepanjang tahun ketimbang gelandang Ceko tersebut.

4. Andres Iniesta – Runner-up Ballon d’Or 2010

Mantan pemain Barcelona, Andres Iniesta.

Photo :
  • Twitter/@andresiniesta8

Andres merupakan salah seorang gelandang terbaik dalam sejarah permainan sepak bola. Playmaker mungil tersebut menikmati karier cemerlang bersama dengan Barcelona dan Spanyol. Ia berhasil meraih dua kali treble continental dan Kejuaraan Eropa. Dia sukses mengukir namanya dalam cerita rakyat sepak bola Spanyol saat dia mencetak gol kemenangan di final Piala Dunia FIFA 2010 melawan Belanda.

Hal itu membuat dirinya menjadi salah satu pesaing kuat untuk penghargaan Ballon d’Or tahun tersebut. Namun, Iniesta hanya finis di belakang rekan satu timnya di Barcelona, Lionel Messi. Ini merupakan sapuan podium Barcelona Ballon d’Or tahun tersebut, karena Xavi finis ketiga dalam perlombaan tersebut.

5. Robert Lewandowski – Runner-up Ballon d’Or 2021

Bomber Timnas Polandia, Robert Lewandowski.

Photo :
  • instagram.com/_rl9/

Dapat dikatakan bahwa Robert merupakan salah satu striker terpanas dalam permainan saat ini. Lewandowski sudah mencetak lebih dari 300 gol dalam berbagai kompetisi hanya dalam tujuh musim di Bayern Munich. Dia memainkan peran kunci dalam treble continental mereka dalam 2019-2020. Ia juga pernah memecahkan rekor tahun lalu dengan 41 gol untuk lima tahun terakhir Gerd Muller.

Tahun lalu, pencetak gol terbanyak Polandia tersebut sangat tidak beruntung karena melewatkan penghargaan Ballon d’Or. Sebab, tahun llau pandemi Covid-19 tengah naik. Kemudian, penghargaan tersebut dilanjutkan tahun ini. Tapi, pengharagaan Ballon d’Or tetap menghindari dirinya. Bahkan, banyak legenda yang meminta bahwa Lewandowski yang lebih layak untuk mendapatkan gelar tersebut ketimbang La Pulga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya