Piala Afrika 2021 di Tengah Bahaya Varian Omicron, Klub Eropa Cemas

Pemain Timnas Pantai Gading.
Sumber :
  • instagram.com/elephantdecotedivoire

VIVA – Dewan Asosiasi Klub Eropa (ECA) mengaku berusaha berbicara dengan FIFA mengenai keselamatan para pemain yang akan bertanding dalam Piala Afrika bulan depan serta berbagai pertandingan internasional awal tahun depan.

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Negara-negara di seluruh dunia telah memberlakukan larangan dan pembatasan perjalanan sejak munculnya varian baru virus corona, Omicron, di Afrika Selatan.

"Dewan setuju segera terlibat dengan FIFA untuk memastikan semua langkah pencegahan yang diperlukan sudah tersedia demi melindungi para pemain...mengingat situasi kesehatan terus memburuk dengan bentuk yang mengkhawatirkan," kata ECA yang menghimpun lebih dari 240 klub seperti dikutip Reuters.

Barcelona Cegah Xavi Pergi

Piala Afrika 2021 yang diikuti 24 tim bakal berlangsung di Kamerun dari 9 Januari sampai 6 Februari 2022. Beberapa klub Premier League menolak melepas pemainnya ke negara-negara dalam daftar merah Inggris selama jeda internasional September karena wajib karantina.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Kesepakatan dicapai Oktober lalu untuk mengizinkan pemain yang sudah divaksinasi lengkap guna melakukan perjalanan ke negara-negara daftar merah untuk menjalani laga internasional dengan syarat mereka dikarantina selama 10 hari setelah kembali.

Dewan ECA juga menyatakan dengan suara bulat menentang proposal Piala Dunia dua tahunan FIFA seraya menyebut rencana tersebut mengabaikan perlindungan pemain.

ECA juga menyerukan modernisasi aturan Financial Fair Play dengan mengatakan prinsip-prinsip saat ini sudah tidak sinkron dengan realitas zaman. (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya