5 Pemain Sepak Bola Terbaik Usia 30 Tahun, Ronaldo Absen?

Bintang Paris Saint-Germain, Lionel Messi.
Sumber :
  • Instagram/@psg

VIVA – Walaupun sudah menginjak kepala tiga, beberapa pemain sepak bola terbaik usia 30 tahun ini masih produktif mencetak gol dan bermain bersama dengan klubnya. Bahkan, baru-baru ini Lionel Messi sukses meraih trofi bergengsi dalam dunia sepak bola, Ballon d’Or ketujuh dan menjadi satu-satunya pemain yang meraih penghargaan terbanyak. Umumnya menginjak usia 30 tahun performa seorang pemain sepak bola mengalami penurunan, tetapi fakta ini rupanya tidak berlaku untuk beberapa pemain di bawah.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Baru-baru ini, laman Four Four Two baru saja merilis sebuah artikel mengenai daftar pemain dengan usia 30 tahun yang masih dalam performa terbaiknya sampai saat ini. Namun, yang paling mengejutkan adalah nama bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo menempati urutan ketujuh yang dengan kata lain tidak masuk ke dalam lima besar. Ronaldo memang belum bisa mengangkat Manchester United yang masih dalam inkonsistensi. Tapi, sebenarnya rapor pemain Timnas Portugal tersebut cukup baik.

Lantas, Siapa Saja Pemain Sepak Bola Terbaik Usia 30 Tahun?

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

5. N’Golo Kante (30 Tahun)

NGolo Kante

Photo :
  • instagram
Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Ia adalah salah seorang gelandang pekerja keras. N’Golo Kante kerap berusaha untuk merebut bola dari kaki lawan dan yang terpenting adalah sosoknya yang sangat disukai oleh para penggemar sepak bola. Saat ini, pemain yang sudah menginjak usia 30 tahun tersebut bermain dengan sangat efektif. Kontribusinya untuk Chelsea sangat nyata. Kamu bisa melihat performa N’Golo Kante saat membawa Chelsea meraih gelar Champions League musim 2020/2021.

Kemudian dalam laga semifinal melawan Real Madrid, ia menjadi bahan perbincangan karena penampilannya yang sangat menakjubkan. Hal tersebut tidak terbantahkan, karena pemain yang sudah mendapatkan dua trofi Liga Inggris ini selalu tampil all out dalam setiap pertandingan. Stamina dan determinasi yang dimiliki olehnya menjadi kunci kekuatan terbaik yang dimiliki Kante.

4. Virgil van Dijk (30 Tahun)

Bek Liverpool, Virgil van Dijk bersama petugas potong rumput King Power Stadium

Photo :
  • The Sun

Setelah kembali bermain usai mengalami cedera, Virgil van Dijk langsung membuktikan dirinya menjadi pemain yang penting untuk Liverpool. Ia masih menjadi bek tengah yang paling berwibawa dalam dunia sepak bola, hampir tidak ada yang dapat menandingi jangkauan umpannya yang sangat indah. Bila dapat mempertahankan performanya, ia yang sudah menginjak usia 30 tahun tersebut masih dapat bermain selama 10 tahun lagi.

3. Kevin De Bruyne (30 Tahun)

Gelandang Timnas Belgia, De Bruyne

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Saat ini Kevin masih berusia 30 tahun dan sering muncul ekspektasi untuk menempatkan Manchester City dalam punggungnya. Dia memiliki fisik yang bagus, pintas, dan seperti memiliki mata di kakinya. Inilah karakter yang dimiliki oleh salah seorang gelandang Manchester City tersebut. Kevin mungkin saja sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik dalam generasinya.

Ia kerap memainkan karakter yang sangat penting, mulai dari bermain menjadi gelandang atau striker apabila diperlukan. Hal ini terbukti saat dirinya cedera, performa Manchester City sempat melempem. Kini, Kevin sudah siap untuk kembali merumput dengan performa terbaik yang akan dibawa olehnya.

2. Lionel Messi (34 Tahun)

Lionel Messi

Photo :
  • Daily Star

Sosok Lionel Messi memang dikenal sebagai sosok pemain sepak bola terbaik Barcelona. Ketika di Barcelona La Pulga masih memperlihatkan kegarangannya menjadi penyerang tajam dengan koleksi mencapai 38 gol di semua kompetisi tahun ini. Akan tetapi, rekam jejaknya bersama dengan PSG belum sebaik ketika dia di Barcelona.

Terdapat kekhawatiran juga kemampuan pemain berusia 34 tahun tersebut mulai menurun. Tetapi tahun ini, ia membuktikan bahwa dirinya masih bisa memberikan peran krusial saat Argentina menjuarai Copa America. Bila sudah beradaptasi dengan PSG, dipastikan La Pulga akan merasakan trofi ketika dirinya bergabung dengan Barcelona.

1. Robert Lewandowski (33 Tahun)

Bomber Bayern Munich, Robert Lewandowski.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay

Pemain sepak bola terbaik usia 30 tahun urutan pertama adalah Robert Lewandowski. Semakin tua semakin keren, inilah julukan yang dapat disematkan untuk penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski. Berdasarkan perhitungan, penyerang yang baru berusia 33 tahun tersebut sudah mencetak minimal 40 gol dalam tiga musim terakhir.

Robert sepertinya memiliki jaminan untuk selalu mencetak gol. Walaupun sudah menginjak kepala tiga, ketamannya masih belum surut. Selain itu, pada musim 2020/2021 pemain asal Polandia tersebut menggila dengan mencetak 40 gol di Liga Jerman hanya dalam 28 pertandingan. Pencapaian tersebut sukses membuat dirinya disejajarkan dengan legenda Timnas Jerman, Gerd Muller yang sukses melesatkan 40 gol di Bundesliga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya