Ada Borussia Dortmund, Ini Daftar Tim yang Terlempar ke Liga Europa

Bomber Borussia Dortmund, Erling Haaland.
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay

VIVA – Selain tim-tim yang yang lolos ke 16 besar, sejumlah tim yang terlempar ke Liga Europa juga sudah diketahui. Mereka merupakan tim-tim yang finis di posisi ketiga masing-masing grup.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Yang paling mengejutkan adalah Borussia Dortmund. Berada di Grup C bersama Ajax Amsterdam, Sporting Lisbon dan Besiktas, Die Borussen sebenarnya diunggulkan lolos ke 16 besar.

Faktanya, Dortmund harus rela finis di posisi ketiga Grup C dengan 9 poin dari enam pertandingan. Kemenangan 5-0 atas Besiktas di laga pamungkas tak mampu menolong Dortmund. Dua tim yang lolos dari grup ini adalah Ajax dan Sporting.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Tim lain yang harus turun kasta adalah RB Leipzig. Mereka yang dalam dua musim terakhir selalu menembus fase knockout kali ini harus gigit jari. Leipzig finis di bawah Manchester City dan PSG.

Pemain Leipzig merayakan gol ke gawang Manchester City

Photo :
  • twitter.com/RBLeipzig_EN
Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Lalu, ada tim debutan asal Moldova, Sheriff Tiraspol. Sempat mengejutkan dengan menekuk Real Madrid di matchday kedua, Sheriff akhirnya harus turun kasta. Merka hanya mampu finis di posisi ketiga Grup D di bawah Madrid dan Inter Milan.

Nasib tragis dialami AC Milan. Rossoneri gagal merebut tiket hiburan ke Liga Europa karena finis di posisi juru kunci Grup B. FC Porto yang berhak mendapat tiket ke Liga Europa.

Ada sedikit perubahan format untuk Liga Europa musim ini. Tim yang terbuang dari Liga Champions akan tampil di playoff knockout melawan melawan runner up grup Liga Europa. Sedangkan para juara grup di fase grup Liga Europa langsung lolos ke 16 besar. Undian playoff knockout digelar bersamaan dengan 16 besar Liga Champions pada 13 Desember 2021.

Tim Liga Champions yang terbuang ke Liga Europa

1. RB Leipzig
2. FC Porto
3. Borussia Dortmund
4. Sheriff Tiraspol
5. Zenit St Petersburg

Runner up penyisihan Grup Liga Europa
1. Glasgow Rangers
2. Real Betis
3. Eintracht Frankfurt/Olympiakos
4. Galatasaray/Lazio
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya