Deretan Fakta Mengerikan Jelang Indonesia Vs Kamboja

Selebrasi gol Timnas Indonesia
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Indonesia memulai perjuangannya di Piala AFF 2020, Kamboja jadi lawan perdana Evan Dimas cs di babak penyisihan Grup B. Duel tersebut digelar di Bishan Stadium, Singapura pada Kamis 9 Desember 2021.  Bagi Timnas Kamboja, pertandingan melawan Indonesia menjadi penampilan kedua mereka di Piala AFF 2020. 

Beredar Kaos Kaki dengan Lafaz Allah, Polisi Malaysia Lakukan Penyelidikan

Sebelumnya, Angkor Warriors menyerah 1-3 dari Malaysia, pada Senin 6 Desember 2021. Kini mereka mematok poin sempurna demi menjaga asa lolos ke dari fase grup. Namun ambisi tersebut dipastikan tidak berjalan mudah, sebab di atas kertas skuad Garuda jauh lebih diunggulkan bisa keluar sebagai pemenang. 

Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose.

Photo :
  • aseanfootball.org
Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Indonesia jelas unggul kualitas pemain, selain itu dari head to head, Evan Dimas cs juga lebih baik. Kondisi tersebut yang membuat Shin tae-Yong pede bakal menggulung Kamboja. Shin menjelaskan timnya sudah menjalani persiapan matang dari segi taktik dan fisik.  Dia kini tinggal berharap Indonesia mampu menunjukkan performa terbaik di lapangan. 

"Kami sudah menjalani persiapan dengan baik, juga menonton pertandingan secara langsung. Kami merasa bisa memenangkan pertandingan sesuai keinginan saya. Pemain juga menjalankan apa yang saya inginkan," kata Shin dalam keterangan pers virtual, Rabu 8 Desember 2021.  "Saya mempersiapkan semua bukan hanya untuk melawan Kamboja, Laos, Vietnam dan Malaysia. Semua harus dimaksimalkan agar lolos dari fase grup ini," lanjutnya. 

Kata Jay Idzes Usai Gabung Timnas Indonesia, Ungkap Pemain Ini Paling Membantu

Dan berikut lima fakta mengerikan jelang Indonesia versus Kamboja dilansir dari berbagai sumber: 

1. Indonesia unggul dari segi head to head dengan Kamboja. Dari enam pertemuan terakhir, skuad Garuda selalu menang dengan defisit gol yang cukup mencolok yakni, 2-0, 1-0, 4-0, 7-0, 2-0, dan 6-0.

2.Indonesia dihadapkan dengan kutukan di laga perdana Piala AFF. Ya, mereka sulit menang di laga pembuka di 3 edisi terakhir ajang Paling bergengsi di Asia Tenggara ini. Pada Piala AFF 2018, Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari Singapura. Mundur ke 2016, skuad Garuda dipaksa keok dari Thailand dengan skor 2-4. Sedangkan, pada 2014, Timnas Indonesia hanya mampu bermaim seri 2-2 kontra Vietnam.  

3. Indonesia datang dengan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Empat bomber yang dibawa Shin ke Singapura yaitu Ezra Walian (Persib Bandung), Kushedya Hari Yudo (Arema FC),  Dedik Setiawan (Arema FC), dan Hanis Saghara (Persikabko 1973) belum teruji ketajamannya.

Faktanya, Ezra Walian, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara sama-sama baru mencetak satu gol bersama klubnya masing-masing. Sementara Yudo sedikit lebih baik. Itu pun baru dua gol yang berhasil dia cetak untuk Arema musim ini. 

4. Dalam laga nanti, Indonesia masih menyimpan Elkan Baggott. Bek Ipswich Town tersebut masih diistirahatkan Shin Tae-yong karena baru menempuh perjalanan panjang dari Inggris. "Elkan tak akan masuk starting line up. Kami masih harus memberikan istirahat kepada Elkan. Dia akan disimpan di bangku cadangan," kata Shin dalam sesi konferensi virtual, Rabu 8 Desember 2021.

5. Indonesia tak boleh memandang sebelah mata Kamboja, sebab di laga sebelumnya meski mereka kalah Kamboja mampu unggul dari beberapa hal dari Malaysia. Tim besutan Ryu Hirose  unggul penguasaan bola (54%) dari Harimau Malaya selain itu Kamboja juga unggul dari segi passing. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya