Skandal Olahraga, Kesalahan UEFA Batalkan Duel Messi Vs Ronaldo

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
Sumber :
  • twitter.com/championsleague

VIVA – Hal menarik terjadi dalam drawing 16 besar Liga Champions 2021/22. Proses drawing harus diulang dan membuat duel Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo batal.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Awalnya, undian digelar pukul 18.00 WIB di markas besar UEFA di Nyon, Swiss, Senin 13 Desember 2021. Sejumlah big match tersaji dalam undian ini.

Salah satu yang paling ditunggu adalah duel Paris Saint-Germain (PSG) melawan Manchester United. Ini bakal menjadi duel antara dua megabintang dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Di fase penyisihan grup musim ini, Messi dan Ronaldo nyaris bertemu saat PSG satu grup dengan Manchester City. Namun, di detik-detik akhir bursa transfer Ronaldo batal bergabung dengan ManCity dan memilih bergabung dengan MU.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Dan kali ini, reuni dua megabintang dunia ini kembali gagal. Kesalahan teknis yang dilakukan UEFA menjadi penyebabnya.

Apa Kesalahan UEFA?
UEFA menyebut ada kesalahan teknis dalam proses pengundian. Hal ini menyangkut dengan Manchester United yang dipasangkan dengan Villarreal. Padahal dalam aturannya, lawan di penyisihan grup tidak bisa saling bertemu di babak gugur pertama.

Sejak awal pengundian ini, memang sudah ada penundaan beberapa jam. Karena ada dua kesalahan teknis yang terjadi selama masa persiapan oleh UEFA.

MU harus dua kali melewati pengundian untuk mendapatkan lawan di babak 16 besar pada Februari 2022 mendatang. Di kesempatan pertama, mereka mendapati Villarreal yang merupakan lawan di Grup F.

Tidak cuma itu kesalahan yang dilakukan oleh UEFA. Dalam pengundian Atletico Madrid, yang dimasukkan menjadi calon lawan adalah Liverpool.

Padahal kedua tim sudah bertemu di fase grup sebelumnya. Selang beberapa jam kemudian, UEFA mengumumkan hasil undian tersebut dinyatakan batal dengan alasan ada kesalahan software (perangkat lunak).

Mereka akan mengumumkan akan kembali melakukan pengundian pada pukul 21.00 WIB. Entah apa yang terjadi, karena sejatinya meski ada kesalahan, hasil drawing sudah keluar sebelumnya.

"Menyusul masalah teknis dengan perangkat lunak dari penyedia layanan eksternal yang menginstruksikan tim mana berhak melwan satu sama lain, kesalahan terjadi. Akibatnya pengundian dinyatakan batal dan sepenuhnya akan diulang."

Real Madrid dikabarkan menolak perubahan drawing 16 besar Liga Champions yang dilakukan, Senin 13 Desember 2021. Mereka sebelumnya sudah dipastikan melawan Benfica.

Madrid vs Benfica adalah hasil drawing pertama. Setelah itu, kesalahan muncul yang kemudian berbuntut pada pembatalan hasil drawing secara keseluruhan oleh UEFA.

Kemudian Atletico Madrid juga merasa keberatan. Ketika drawing bagian mereka, MU tidak dimasukkan sebagai opsi lawan. Sedangkan Liverpool yang jadi lawan mereka di fase grup ada di dalamnya.

PSG vs Madrid, Chelsea Vs Lille Lagi

Proses undian ulang akhirnya dilakukan. Duel PSG vs MU batal. PSG akhirnya harus bertemu dengan Real Madrid. Ini menarik karena menjadi reuni untuk Sergio Ramos yang 16 musim membela Madrid.

Sedangkan MU harus bersua juara LaLiga Atletico Madrid. Ada laga big match antara Inter Milan vs Liverpool.

Yang menarik adalah Chelsea. Dalam dua kali proses undian, sang juara bertahan Liga Champions selalu bertemu dengan Lille.

Berikut undian Liga Champions sebelum diulang
Benfica vs Real Madrid
Villarreal vs Manchester City
Atletico Madrid vs Bayern Munich
Red Bull Salzburg vs Liverpool
Inter Milan vs Ajax Amsterdam
Sporting Lisbon vs Juventus
Chelsea vs Lille
PSG vs Manchester United


Hasil undian setelah diulang
Red Bull Salzburg vs Bayern Munich
Sporting Lisbon vs Manchester City
Chelsea vs Lille
Atletico Madrid vs Manchester United
Villarreal vs Juventus
Inter Milan vs Liverpool
Paris Saint-Germain vs Real Madrid
Benfica vs Ajax Amsterdam

Mau tahu skandal yang menyeret para atlet dunia lainnya? Skandal Olahraga akan hadir setiap Senin hingga Jumat. Simak terus di VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya