Kamboja Petik Kemenangan Perdana di Piala AFF Usai Hancurkan Laos

Skuad Timnas Kamboja.
Sumber :
  • Khmer Times

VIVA – Timnas Kamboja akhirnya memetik kemenangan perdana di Piala AFF 2020. Hal itu dipastikan usai Kamboja menumbangkan Timnas Laos pada lanjutan Grup B, Rabu 15 Desember 2021.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Bertanding di Stadion Bishan, Singapura, Kamboja mencukur Laos dengan skor 3-0. Chan Vathanaka jadi pahlawan dengan torehan brace-nya.

Kamboja sudah tampil dominan sejak awal pertandingan. Namun, tempo masih berjalan lambat lantaran kedua tim tampil cukup berhati-hati.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Peluang pertama baru tercipta setelah pertandingan berjalan 10 menit. Kamboja coba membuka kesempatan memimpin setelah Lim Pisoth melepaskan tembakan jarak jauh yang masih bisa ditepis kiper Laos, Solasak Thilavong.

Timnas Kamboja vs Timnas Laos di Piala AFF 2020

Photo :
  • Twitter/@affsuzukicup
Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Peluang tersebut seperti membangunkan kedua tim sehingga lebih berani menerapkan serangan dan bermain lebih terbuka. Laos juga sempat mengancam gawang Kamboja.

Setelah menunggu cukup lama, gol akhirnya tercipta di menit 31. Chan Vathanaka memecah kebuntuan dengan golnya yang ciamik.

Berselang 10 menit, Chan Vathanaka kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, dia memaksimalkan umpan Kouch Sokumpheak dan membawa Kamboja unggul 2-0 yang bertahan hingga turun minum.

Laos coba tampil lebih menekan di babak kedua demi memperkecil ketinggalan. Tiga menit berjalan, Kydavone Souvanny menembakkan bola dari luar kotak penalti yang masih bisa diblok kiper Kamboja, Keo Soksela.

Laos terus mendominasi dan tanpa henti menggempur pertahanan Kamboja. Sialnya, pertahanan Kamboja tampil sangat solid di laga ini.

Justru, Laos yang lengah dan meninggalkan lubang di wilayah pertahanan. Kamboja berhasil memanfaatkannya dan menghukum Laos dengan gol ketiga yang dilesakkan Sieng Changthea.

Dia menyelinap di antara dua bek Laos usai mendapat umpan terobosan dari Ean Pisey.

Skor 3-0 bertahan hingga laga usai. Hasil ini sekaligus memastikan Laos sebagai juru kunci Grup B usai tak sekali pun memetik kemenangan.

Susunan pemain

Kamboja: Keo Soksela (PG); Cheng Meng, Soeuy Visal, Tes Sambath, Ken Chansopheak, Kouch Sokumpheak, Chreng Polroth, Sos Suhana, Lim Pisoth, Chan Vathanaka, Sieng Chanthea.

Laos: Solasak Thilavong (PG); Vannasone Douangmaity, Thipphachanth Inthavong, Photthavong Sangvilay, Kaharn Phetsivilay, Xeddee Phomsavanh, Bouphachan Bounkong, Phatana Phommathep, Phoutthasay Khochalern, Kydavone Souvanny, Billy Ketkeophomphone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya