Jalan Mulus Thailand di Piala AFF 2020

Para pemain Timnas Thailand rayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@Changsuek_TH

VIVA – Timnas Thailand memastikan diri menjadi juara Grup A Piala AFF 2020. Tiket ke babak semifinal sudah mereka genggam dan tinggal menanti lawan, yakni runner up Grup B.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Thailand begitu perkasa sepanjang perjalanan di babak grup. Empat pertandingan mereka lalui dengan sapu bersih kemenangan.

Total 12 poin yang berhasil dikumpulkan oleh Teerasil Dangda dan kawan-kawan. Dengan tambahan catatan 10 gol ke gawang lawan, dan cuma sekali kebobolan.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Pada pertandingan perdana Grup A, Thailand menang dua gol tanpa balas atas Timor Leste. Selanjutnya unggul dengan skor 4-0 saat melawan Myanmar.

Kemenangan ketiga Thailand didapatkan saat menghadapi Filipina dengan skor 2-1. Dan yang terakhir mereka mengalahkan tuan rumah Singapura dua gol tanpa balas.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Teerasil menjadi pemain Thailand yang paling banyak menyumbangkan gol sejauh ini. Total sudah empat kali dia membobol gawang lawan.

Duel Timnas Thailand Vs Timor Leste

Photo :
  • AFF

Jumlah itu menempatkan Teerasil di urutan teratas pencetak gol terbanyak Piala AFF. Dia bersaing dengan pemain Filipina, Bienvenido Maranon Morejon dan penggawa Malaysia, Safawi Rasid.

Pelatih Thailand, Alexandre Polking meminta anak asuhnya tetap bisa menjaga fokus. Karena ada pertandingan semifinal yang harus mereka hadapi.

"Saya sangat senang atas kemenangan dan strategi yang kami terapkan. Tapi, sekarang semuanya kembali ke nol," kata Polking.

Selain Teerasil, Thailand juga punya Supachok Sarachat yang berasil membukukan dua gol. Lalu ada Narubadin Weerawatnodom dengan sumbangan tiga assist.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya