Kisah Urawa Red Diamonds Juara Piala Kaisar 2021

Pemain Urawa Red Diamonds di final Piala Kaisar 2021
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Urawa Red Diamonds berhasil menjadi juara Piala Kaisar 2021. Di pertandingan final yang berlangsung 19 Desember 2021 lalu, mereka mengalahkan Oita Trinita.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Duel ini tidak mudah bagi Urawa Red Diamonds. Sempat unggul lebih dulu melalui Ataru Esaka, gawang mereka kebobolan pada menit 90 oleh pemain Oita Trinita, Matheus Pereira.

Alhasil pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan. Tiga menit perpanjangan waktu babak kedua berjalan, gol Urawa Red Diamonds hadir melalui Tomoaki Makino. Gelar juara pun berhasil digondol.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Perjalanan Urawa Red Diamonds di Piala Kaisar 2021 diawali mulai ronde kedua. Mereka menang tipis 1-0 atas tim kompetisi kasta ketiga, Kataller Toyama.

Pada ronde ketiga, lawannya berasal dari kompetisi kasta kedua, SC Sagamihara. Kemenangan 1-0 lagi-lagi jadi penentu langkah mereka ke babak selanjutnya.

Kasus Penganiayaan Sesama Mahasiswi di Karawaci, Korban Minta Tersangka Dihukum Berat

Ronde keempat mempertemukan Urawa Red Diamonds dengan Kyoto Sanga yang juga dari kompetisi kasta kedua. Kemenangan masih sama, yakni satu gol tanpa balas.

Baru pada perempatfinal mereka berhadapan dengan tim kompetisi kasta tertinggi, Gamba Osaka yang dikalahkan dengan skor 2-0. Lalu dua gol tanpa balas jadi kemenangan di semifinal menghadapi Cerezo Osaka.

Pemain Urawa Red Diamonds di final Piala Kaisar 2021

Photo :
  • Dok. J League

Tim berjuluk The Red Devils ini memenangkan gelar juara Piala Kaisar 2021 dengan banyak arti. Karena dengan begitu mereka juga mengantongi tiket ke babak grup Liga Champions Asia musim depan.

Mereka tidak bisa mendapatkan tiket itu pada kompetisi J League. Karena di musim ini, mereka cuma finis pada urutan keenam klasemen.

Ini bukan kali pertama Urawa Red Diamonds menjadi juara di ajang yang sudah digelar sejak 1921 tersebut. Total, mereka kini sudah delapan kali jadi juara dan empat kali jadi runner-up.

Empat gelar berhasil mereka raih saat masih jadi tim amatir bernama Mitsubishi, karena memang mereka klub bentukan perusahaan Mitsubishi. Saat itu mereka juara pada 1971, 1973, 1978, dan 1980.

Setelah berubah jadi klub profesional dan berubah nama jadi Urawa Red Diamonds, mereka juga empat kali juara. Sebelum tahun ini, Red Devils juara pada tahun 2005, 2006, dan 2018 lalu.

Sepanjang sejarah, koleksi delapan gelar Urawa Red Diamonds adalah yang terbanyak kedua. Mereka hanya kalah dari Universitas Keio yang mengoleksi sembilan gelar. Meski begitu, mereka kali terakhir juara pada tahun 1956.

Berikut ini adalah daftar pemenang terbanyak Piala Kaisar Jepang sepanjang sejarah:

9 gelar - Universitas Keio
8 gelar - Urawa Red Diamonds
7 gelar - Yokohama F. Marinos, Universitas Kwansei
5 gelar - Gamba Osaka, Kashima Antlers, Tokyo Verdy
4 gelar - Cerezo Osaka, JEF United Chiba, Universitas Waseda
3 gelar - Sanfrecce Hiroshima, Shonan Bellmare, Kashiwa Reysol, Universitas Tokyo
2 gelar - Universitas Chuo, Jubilo Iwata, Nagoya Grampus, Yokohama Flugels, Rijo Shukyu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya