Piala AFF 2008

Bantai Laos 6-0, Thailand ke Semifinal

VIVAnews - Thailand bukan lawan yang sepadan bagi Laos. Pada pertandingan kedua babak penyisihan  Piala AFF 2008 Grub B, yang digelar di  Stadion Sarakul, Phuket, Thailand, Senin, 8 Desember 2008, tuan rumah menjungkalkan Laos dengan skor telak 6-0.
 
Dua pemain Thailand,  Arthit Soontornpit dan  Anon Sangsanoi berhasil memborong masing-masing dua gol. Arthit mencetak gol di menit 40' dan 52', sedangkan Sangsanoi menit 79' dan 89'.  Dua gol lainnya dicetak oleh Ronnachai Rangsiyo menit 19' dan Patiparn Phetphun menit 29'.
 
Dengan kemenangan ini Thailand kembali merebut posisi pemuncak klasemen sementara Grup B dari tangan Vietnam setelah mengoleksi 6 poin dari dua pertandingan. Hasil ini juga memastikan Thailand sebagai tim pertama Grup B yang berhasil lolos ke babak semifinal. 
 
Bertanding di hadapan ribuan publiknya, Thailand mampu mendominasi jalannya pertandingan. Bahkan sepanjang dua babak, Thailand hanya bermain setengah lapangan. 
 
Serangan bertubi-tubi langsung dilancarkan oleh Ronnachai Rangsiyo cs sejak babak pertama dimulai. Sayang hingga pertandingan memasuki menit ke-15 tak satupun peluang yang berubah menjadi gol. 
 
Di bawah guyuran hujan, Thailand akhinya melepas kebuntuan lewat gol yang dicetak oleh Ronnachai Rangsiyo di menit ke-19 memanfaatkan bola muntah di depan gawang Laos. Skor pun berubah menjadi 1-0.
 
Unggul satu gol tak membuat Thailand puas. Pemain-pemain tim Gajah Putih terus menekan barisan pertahan Laos. Hasilnya, di menit ke-29 pemain belakang tuan rumah Patiparn Phetphun, berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti gagal diantasipasi oleh kiper Laos, Sengphachan Bounthisanh. 

Unggul dua gol semakin membuat gairah pemain Thailand untuk mencetak gol meningkat. Mereka terus mengurung Laos di daerah pertahannya. Strategi ini membuat pemain bertahan Laos panik dan mulai melakukan pelanggaran kepada pemain Thailand. 
 
Salah satu pelanggaran akhirnya berbuah petaka, karena wasit memberikan hadiah tendangan bebas bagi Thailand tak jauh dari kotak penalti Laos. Pemain tengah Thailand, Arthit Soontornpit yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses melaksanakan tugasnya. 
 
Tendangan kerasnya ke sudut kiri atas gawang Laos pada menit 40', hanya mampu dipandangi oleh Bounthisanh. Skor kembali berubah menjadi 3-0.        
 
Serangan demi serangan terus dilakukan oleh pemain-pemain Thailand. Namun hingga pertandingan babak pertama berakhir, skor tidak berubah. 
 
Di babak kedua, Thailand belum juga menurunkan tempo permainannya. Barisan penyerang Thailand yang dimotori oleh duet Ronnachai Rangsiyo dan Anon Sangsanoi terus mengepung daerah pertahanan Laos. Akibatnya, gol kembali tak bisa dihindari.  
 
Memasuki menit ke-51, gawang Laos kembali bergetar. Arthit yang kembali ditunjuk untuk mengeksekusi bola mati sukses menjalankan tugasnya dengan mencetak gol keduanya untuk Thailand. Skor kembali berubah menjadi 4-0.
 
Di menit ke-71, pelatih Thailand, Peter Reid menarik salah pemain tengahnya, Thana Chanabut dan menggantinya dengan striker cadangan Teerathep Winothai. Masuknya Winothai mebuat lini depan Thailand semakin tajam. 
 
Tak lama setelah pergantian, Thailand kembali menambah skor. Striker Anon Sangsanoi akhirnya mencetak gol bagi tuan rumah di menit ke-79.

Tersebar Percakapan Habib Bahar dan Hercules, Ini yang Dibahas

Sepuluh menit kemudian, Sangsanoi mencetak gol keduanya bagi Thailand sekaligus  menggandakan keunggulan menjadi 6-0. Skor ini bertahan hingga pluit panjang dibunyikan.

Rizky Irmansyah dan Prabowo

5 Potret Rizky Irmansyah, Ajudan Prabowo yang Diisukan Dekat dengan Nikita Mirzani

Ramai di media sosial, salah satu ajudan Prabowo yaitu Rizky Irmansyah dikabarkan sedang dekat dengan artis Nikita Mirzani.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024