5 Negara Peraih Kemenangan Pertandingan Terbanyak Piala Dunia

Megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi
Sumber :
  • twitter.com/Argentina

VIVA – Piala Dunia  merupakan sebuah turnamen empat tahunan yang diikuti oleh beberapa negara terbaik di dunia. Sekitar 100 tahun Piala Dunia digelar, sudah ada sekitar 80 tim berbeda yang menghiasi kompetisi bergengsi tersebut. Akan tetapi, hanya ada delapan tim yang keluar sebagai pemenang dalam 21 edisi Piala Dunia sebelumnya, dengan enam di antaranya sudah menang berkali-kali. Kompetisi ini akan digelar kurang dari setahun lagi, tepatnya pada tahun 2022. Nah, berikut adalah klub yang pernah meraih kemenangan pertandingan terbanyak di Piala Dunia FIFA yang disadur dari Sportskeeda. 

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Lantas, Apa Saja Negara yang Pernah Meraih Kemenangan Pertandingan Terbanyak di Piala Dunia?

5. Prancis - 34 Kali

Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

Timnas Prancis saat menghadapi Bulgaria

Photo :
  • Twitter/@equipedefrance

Prancis merupakan salah satu negara dari tiga tim yang pernah memenangkan dua gelar Piala Dunia FIFA. Les Bleus kemudian bergabung dengan Uruguay dan Argentina sampai berjaya dalam kompetisi yang digelar tahun 2018. Mereka berhasil mengalahkan finasil pertama kali, yaitu Kroasia 4-2 dalam pertandingan yang memukau untuk memenangkan Piala Dunia FIFA yang kedua kalinya, tepat setelah 20 tahun meraih kemenangan pertama. 

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Les Bleus sudah membuat 15 pertandingan dalam kompetisi, usai melakukan debut pertamanya pada tahun 1930 silam. Sejak tahun 1998, pemenang dua kali Piala Dunia FIFA tersebut sudah menjadi tim tetap. Pada tahun tersebut, mereka juga memenangkan enam dari tujuh pertandingan mereka tahun 2018 dalam perjalanan untuk memenangkan kompetisi. 

4. Argentina - 43 Kali

Timnas Argentina merayakan gol

Photo :
  • twitter.com/Argentina

Layaknya Prancis, Argentina juga adalah sebuah klub yang pernah memenangkan Piala Dunia FIFA sebanyak dua kali. Klub Lionel Messi ini memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 1978 dan 1986. La Albiceleste sudah tampil dalam 17 edisi Piala Dunia sebelumnya. Mereka finis di posisi runner-up dari Uruguay dalam edisi pertama kompetisi, yang mana menjadi satu-satunya kekalahan dalam lima pertandingan final. 

Hampir lima dekade berikutnya, Argentina berhasil meraih lima kemenangan dari tujuh pertandingan. Delapan tahun berikutnya, mereka memenangkan enam dari tujuh pertandingan untuk muncul menjadi pemenang turnamen untuk kedua kalinya. Argentina sudah menjadi tim tetap Piala Dunia FIFA setelah gagal lolos dalam edisi 1970. Sementara dalam pertandingan terakhir mereka tahun 2018, mereka hanya meraih satu kemenangan dari empat laga. 

3. Italia - 45 Kali

Timnas Italia juara EURO 2020.

Photo :
  • Twitter/@EURO2020

Italia merupakan salah satu tim yang pernah memenangkan Piala Dunia FIFA sebanyak empat kali. Kemenangan terakhir Italia terjadi pada tahun 2006 lalu, saat mereka berhasil menyingkirkan Prancis lewat adu penalti di final. Pemenang empat kali tersebut hanya melewatkan tiga edisi Piala Dunia sebelumnya, terakhir tahun 2018. 

Akan tetapi, pemenang Euro 2020 ini akan melewatkan edisi keempat tahun depan apabila tersandung di babak playoff usai gagal meraih kemenangan grup kualifikasi. Kemudian pada Juli 2021, Italia mencatatkan rekor nasional 34 pertandingan tidak terkalahkan dan memenangkan Kejuaraan Eropa. 

Walaupun demikian, Azzurri mempunyai rekor impresif pada Piala Dunia FIFA. Mereka merupakan satu dari empat tim yang memainkan lebih dari 80 pertandingan dalam kompetisi dan memenangkan sekitar 40 di antaranya. 

Akan tetapi, Italia hanya memenangkan satu pertandingan dalam Piala Dunia sejak kemenangan mereka tahun 2006 silam. Mereka gagal meraih kemenangan satu pun pada tahun 2010 dan hanya menang empat kali tahun 2014 lalu. 

2. Jerman - 67 Kali

Timnas Jerman saat menghadapi Spanyol

Photo :
  • twitter.com/DFB_Team

Jerman merupakan sebuah tim paling sukses sepanjang sejarah Piala Dunia FIFA. Jerman adalah salah satu dari hanya dua tim yang pernah memainkan lebih dari 100 pertandingan di putaran final Piala Dunia. Jerman tidak pernah kembali tanpa kemenangan dari kompetisi kecuali tahun 1938. 

Mereka juga termasuk ke dalam salah satu dari dua tim yang memenangkan lebih dari 60 pertandingan dalam kompetisi tersebut. Pasukan Hansi Flick ini setidaknya sudah memenangkan lima pertandingan dalam tiga edisi kompetisi secara berturut-turut, termasuk dalam kemenangan mereka tahun 2014. 

1. Brasil - 73 Kali

Para pemain Timnas Brasil merayakan kemenangan.

Photo :
  • Twitter/@CBF_Futebol

Brasil merupakan sebuah tim tersukses sepanjang sejarah Piala Dunia FIFA. Brasil adalah satu-satunya negara yang meraih lima kemenangan dan tampil dalam 21 edisi kompetisi. Mereka juga termasuk ke dalam salah satu tim paling awal yang memesan tempat untuk Piala Dunia FIFA 2022. 

Layaknya Jerman, Brasil sudah tampil lebih dari 100 pertandingan, tepatnya 109 di Piala Dunia FIFA. Selecao tidak pernah kembali tanpa kemenangan dari kompetisi kecuali tahun 1934. Brasil juga menjadi salah satu dari hanya dua negara yang mencetak lebih dari 200 gol dan kebobolan lebih dari 100 gol. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya