Pelatih Timnas Malaysia Tan Cheng Hoe Mundur

Pemain Timnas Malaysia menjalani latihan
Sumber :
  • instagram.com/famalaysia

VIVA – Kegagalan Timnas Malaysia di Piala AFF 2020 membuat pelatih Tan Cheng Hoe memilih mundur. Keputusan itu diambil langsung olehnya dan sudah berkomunikasi dengan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM).

Mantan Pemain Malaysia Puji Timnas Indonesia: Mereka Kerja saat Kami Istirahat

Di Piala AFF 2020, Malaysia terhenti langkahnya di babak grup. Mereka kalah bersaing dari Indonesia dan Vietnam di Grup B. Hasil ini membuat suporter tim berjuluk Harimau Malaya kecewa.

"FAM mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Cheng Hoe yang secara keseluruhan sudah bersama FAM selama 14 tahun. Mulai dari asisten pelatih skuad U-20 pada 2005 hingga 2013, dan kembali menjadi asisten Nelo Vingada pada 2017," demikian pernyataan resmi FAM, dikutip dari Berita Harian.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Ketika Malaysia untuk pertama kali menjadi juara Piala AFF 2010 mengalahkan Indonesia, dia sudah ada dalam tim. Ketika itu dia jadi asisten untuk pelatih Rajagobal. Sebelum itu, medali emas SEA Games 2009 juga didapat.

Tapi di Piala AFF 2020, performa Malaysia dipertanyakan. Mereka kalah dua kali dari Vietnam dan Indonesia. Padahal skuad ada pemain naturalisasi, termasuk Dion Cools.

Mantan Pelatih Malaysia Dukung Shin Tae-yong Coret Saddil Ramdani dari Timnas Indonesia

Meski menyadari kegagalan, tapi Cheng Hoe enggan menjadi kambing hitam. Dia meletakkan jabatan dengan keyakinan 100 persen.

Timnas Indonesia saat hadapi Malaysia di Piala AFF 2020

Photo :
  • PSSI

"Keputusan mundur adalah isi hati saya dan bukan hal mudah membuat keputusan yang drastis sepanjang karier sebagai pelatih," tutur Cheng Hoe.

"Tapi, setiap pelatih perlu melalui situasi ini karena dalam sepakbola, pemain datang dan pergi. Pelatih juga datang dan pergi. Itu alasan saya mengambil keputusan. Untuk kebaikan sepakbola termasuk tim nasional," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya