Piala Afrika: Gabon Gagalkan Keunggulan Ghana

Pertandingan Piala Afrika Gabon vs Ghana
Sumber :
  • twitter.com/CAF_Online

VIVA – Pertandingan kedua Grup C Piala Afrika 2021 mempertemukan Timnas Gabon melawan Timnas Ghana di Stade Ahmadou Ahidjo, Kamerun, Sabtu dini hari WIB 15 Januari 2022. Kedua tim bermain imbang 1-1.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Gabon dan Ghana nampak berhati-hati dalam memulai pertandingan ini. Mereka tak mau sembarangan melakukan serangan sehingga lawan mendapat celah menyerang balik.

Pada menit 18, Ghana berhasil membuka keunggulan lebih dulu. Andrew Ayew mencatatkan namanya di papan skor usai menerima operan dari Thomas Partey.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Dalam keadaan tertinggal, Gabon coba bermain menyerang. Mereka tak mau kehilangan poin begitu saja dari pertandingan ini. Tapi, sampai babak pertama berakhir, keunggulan Ghana tetap bertahan.

Memulai babak kedua, Gabon meningkatkan intensitas serangan mereka. Ghana coba mempertahankan keunggulan dengan menerapkan pertahanan yang solid.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Gabon. Sampai akhirnya pada menit 88, usaha yang dilakukan mereka bisa membuahkan hasil positif. 

Pertandingan Piala Afrika Gabon vs Ghana

Photo :
  • twitter.com/CAF_Online

Aksi individu yang dilakukan Jim Allevinah sampai ke dalam kotak penalti diakhiri dengan tendangan terukur yang membuat bola melesat mulus ke dalam gawang Ghana.

Skor 1-1 ini menjadi hasil akhir pertandingan. Sementara Gabon ada di urutan kedua klasemen dengan raihan empat poin. Sedangkan Ghana memiliki satu angka ada di posisi ketiga. Puncak klasemen jadi milik Maroko yang punya enam poin.

Susunan Pemain

Gabon: Jean Noel Amonome; Bruno Ecuele Manga, Junior Assoumou-Akue, Anthony Oyono, Serge-Junior Ngouali (Ulrich Eneme 67'), Andre Biyogo Poko, Guelor Kanga, Johann Obiang, Louis Ameka (Alex Moussounda 76'), Denis Bouanga (Jim Allevinah 53'), Aaron-Salem Boupendza.

Ghana: Joseph Wollacott; Alexander Djiku, Daniel Amartey, Baba Rahman, Andy Yiadom, Iddrisu Baba (Joseph Paintsil 65'), Daniel-Kofi Kyereh, Thomas Partey, Andrew Ayew (Benjamin Tetteh 90+1'), Kamal Deen Sulemana (Edmund Addo 61'), Jordan Ayew (Issahaku Abdul Fatawu 90+2').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya