Nigeria ke 16 Besar Piala Afrika Usai Kalahkan Sudan

Timnas Nigeria merayakan gol ke gawang Timnas Sudan
Sumber :
  • twitter.com/CAF_Online

VIVA – Timnas Nigeria memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Afrika 2021. Raihan itu mereka dapat usai mengalahkan Timnas Sudan dalam pertandingan kedua Grup D di Stade Omnisport Roumde Adjia, Minggu dini hari WIB 16 Januari 2022.

Timnas Argentina Batal Tampil di Indonesia

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Nigeria sudah berhasil membuka keunggulan atas Sudah. Gol disumbangkan oleh Samuel Chukwueze usai menerima umpan dari Moses Simon.

Berhasil unggul membuat kepercayaan diri pemain Nigeria meningkat. Mereka beberapa kali berhasil menciptakan peluang berbahaya ke gawang Sudan.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Gol kedua Nigeria hadir pada menit 45. Kali ini giliran Taiwo Awoniyi yang berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang Sudan.

Satu menit babak kedua berjalan, Nigeria kembali menambah keunggulan menjadi tiga gol tanpa balas. Moses Simon berhasil mengecoh kiper Sudan, Ali Abdullah Abou.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Sudan yang tak mau begitu saja menanggung malu coba memberi perlawanan. Skema serangan balik cepat jadi andalan mereka, tapi memang sulit untuk menembus pertahanan Nigeria.

Timnas Nigeria merayakan gol ke gawang Timnas Sudan

Photo :
  • twitter.com/CAF_Online

Pada menit 68 wasit memilih untuk memantau video asisstant referee (VAR) untuk melihat insiden di dalam kotak penalti Nigeria. Dari sana diputuskan jika Sudan berhak mendapat penalti.

Sudan mempercayakan eksekusi penalti kepada Walieldin Khidir. Tanpa ragu dia melepaskan tendangan yang berbuah menjadi gol.

Kedudukan 3-1 untuk Nigeria menjadi hasil pertandingan ini. Mereka memastikan satu tiket ke babak 16 Piala Afrika 2021 karena sudah punya enam poin. Sedangkan tim lain yang ada di Grup D, Sudan dan Guinea Bissau baru punya satu poin. Lalu ada Mesir yang belum punya angka.

Susunan Pemain

Nigeria: Maduka Okoye; Kennet Omeruo, William Troost-Ekong, Zaidu Sanusi, Ola Aina, Wilfred Ndidi, Joe Aribo (Kelechi Nwakali 65'), Taiwo Awoniyi (Umar Sadiq 82'), Kelechi Iheanacho (Ahmed Musa 65'), Moses Simon, Sam Chukwueze (Alex Iwobi 46').

Sudan: Ali Abdullah Abou; Mustafa Karshoum, Salah Eldin Nimer (Mohamed Kesra Hakeem 90'), Mazin Mohamedein, Mustafa Elfadni, Yasin Hamed (Mohamed Hassoiun 64'), Walieldin Khidir, Mohamed El-Rasheed, Musab Eisa (Al-Gozoli Nooh 46'), Abdel Raouf Yagoub (Sharif Omar Abdalla 88'), Gomaa Abbas Omner (Dhiya Mahjoub 46').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya