Kalahkan Mancini dan Guardiola, Tuchel Jadi Pelatih Terbaik FIFA 2021

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel
Manajer Chelsea, Thomas Tuchel
Sumber :
  • twitter.com/ChelseaFC

VIVA – Manajer Chelsea, Thomas Tuchel berhasil meraih penghargaan Pelatih Terbaik FIFA 2021. Tuchel mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni manajer Mancheser City, Pep Guardiola dan pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini.

Acara Penghargaan FIFA digelar di Zurich, Swiss, pada Selasa 18 Januari 2021, dini hari WIB. Tuchel memenangkan penghargaan sebagai Pelatih Terbaik FIFA tahun usai membawa Chelsea memenangkan Liga Champions pada musim 2020/2021.

Tuchel memenangkan persaiangan melawan Guardiola, yang membawa ManCity menjuarai Premier League dan juga Mancini yang sukses mengantarkan Timnas Italia meraih gelar EURO 2020.

Manajer asal Jerman memang menciptakan dampak yang signifinak sejak kedatangannya ke Stamford Bridge pada musim lalu. Tuchel ditunjuk menggantikan Frank Lampard pada Januari 2021 dan dalam kurun waktu lima bulan dia berhasil mengantarkan The Blues menjadi kampiun Eropa setelah mengalahkan ManCity di partai final.

"Tadi adalah sebuah hari yang cukup normal di dalam latihan. Saya barus saja datang kemari. Namun, sekarang Anda menyebutkan nama saya dan rasanya seperti tidak nyata. Saya sangat gembira sekaligus kurang nyaman," kata Tuchel, seperti dikutip BBC.

"Sekarang kami memang tertinggal dari Manchester City di lia, tapi kami mengikuti target-target kami dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri," sambungnya.

Tuchel sendiri menjadi orang Jerman kedua yang memenangkan penghargaan Pelatih Terbaik FIFA setelah Juergen Klopp pada 2019 dan 2020. Adapun pemenang-pemenang sebelumnya adalah Claudio Ranieri (2016), Zinedine Zidane (2017) dan Didier Deschamps (2018).