Diimbangi Malawi, Senegal Segel Tiket ke 16 Besar Piala Afrika

Pertandingan Malawi vs Senegal.
Sumber :
  • Twitter/@CAF_Online

VIVA – Timnas Senegal menghadapi Malawi dalam matchday terakhir Grup B Piala Afrika 2021 di Stade Omnisports de Bafoussam, Kamerun, pada Selasa 18 Januari 2022. Di pertandingan tersebut, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Selepas kick off, Senegal langsung mengambil alih jalannya permainan. Sedangkan, Malawi coba bermain defensif sambil sesekali melancarkan serangan balik.

Laga baru berjalan lima menit, Senegal sudah mampu mengancam gawang Malawi. Namun, sundulan Habib Diallo usai menerima umpan Bouna Sarr masih melenceng tipis di sebelah kiri gawang Malawi.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Dua menit kemudian, giliran Sadio Mane yang mendapat kesempatan untuk menjebol gawang Malawi. Sayangnya, sepakan jarak jauh yang dilepaskan Mane masih melayang di atas mistar gawang Malawi.

Menit 22, Malawi mempunyai peluang untuk membobol gawang Senegal melalui eksekusi tendangan bebas. Akan tetapi, sepakan bola mati yang diambil Gabadinho Mhango masih melambung di atas mistar gawang Senegal.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, kedua tim saling berbalas serangan. Namun, hingga peluit panjang tanda turun minum dibunyikan, belum ada gol yang tercipta.

Usai jeda, kedua tim sama-sama melakukan perubahan dalam membangun serangan. Senegal lebih atraktif, sedangkan Malawi coba bermain sedikit agresif dalam upayanya membongkar pertahanan lawan.

Namun, sama seperti di paruh pertama, setiap peluang yang mereka dapatkan selalu kandas dalam penyelesain akhir. Hingga laga berakhir, tidak ada gol yang terjadi sama sekali. Kedua tim pun harus puas dengan hasil 0-0.

Atas hasil ini, Senegal berhasil memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Afrika 2021 usai menjadi juara Grup B dengan perolehan 5 poin. 

Sementara itu, Malawi masih harus menunggu hasil dari grup lain untuk meraih tiket babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik. Di sisi lain, Guinea berhasil mempertahankan posisi runner up Grup B, meski kalah 1-2 dari Zimbabwe.

Susunan pemain

Malawi: Charles Thom (PG); Stanley Sanudi, Dennis Chembezi, Chikoti Chirwa, Lawrence Chaziya, John Banda, Micium Mhone, Chimwemwe Idana, Francisco Madinga, Gabadinho Mhango, Khuda Muyaba.

Senegal: Edouard Mendy (PG); Saliou Ciss, Kalidou Koulibaly, Bouna Sarr, Abdou Diallo, Cheikhou Kouyate, Idrissa Gueye, Namplays Mendy, Sadio Mane, Habib Diallo, Boulaye Dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya