Dikalahkan Komoro, Ghana Angkat Koper dari Piala Afrika 2021

Para pemain Timnas Komoro merayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@CAF_Online

VIVA – Timnas Ghana berjumpa Komoro dalam matchday terakhir Grup C Piala Afrika 2021 di Stade Omnisport Roumdé Adjia, Kamerun, pada Rabu 19 Januari 2022, dini hari WIB. Di laga tersebut, Ghana dipaksa menyerah oleh Komoro .

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Selepas kick off, Ghana langsung bermain ofensif dengan mengambil alih pengusaan bola. Sedangkan, Komoro coba tampil tenang sembari sesekali melancarkan serangan balik.

Namun, saat pertandingan baru berjalan empat menit, Komoro sudah mampu membobol gawang Ghana. Adalah El Fardou Ben Nabouhane yang sukses menciptakan gol dengan kaki kirinya usai memaksimalkan umpan Ibroihim Djoudja.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Menit 21, Ghana mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, sepakan Andre Ayew masih bisa diselamatkan oleh barisan pertahanan Komoro.

Usaha Ghana untuk mengejar ketinggalan semakin berat setelah harus bermain dengan 10 orang saat laga memasuki menit ke-25. Andre Ayew diganjar kartu merah oleh wasit akibat melakukan pelanggaran keras terhadap kiper Komoro, Salim Ben Boina.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Unggul jumlah pemain membuat Komoro lebih leluasa dalam menguasai jalannya permainan. Namun, hingga babak pertama selesai, keunggulan 1-0 untuk Komoro tak berubah.

Usai jeda, Ghana coba mengubah strategi mereka. Sementara itu, Komoro mulai lebih agresif dalam membangun serangan.

Pada menit ke-64, Komoro berhasil menambah keunggulan. Ahmed Mogni sukses memasukkan bola ke gawang Ghana dengan kaki kirinya usai memanfaatkan umpan terukur dari El Fardou Ben Nabouhane.

Tiga menit berselang, Ghana mampu memperkecil kedudukan. Pemain pengganti Richmond Boakye berhasil menyarangkan bola dengan kepalanya setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Komoro.

Kendati kalah jumlah pemain di lapangan, Ghana pantang menyerah. Justru mereka semakin agresif dalam melancarkan serangan pada 15 menit jelang waktu normal berakhir.

Menit 77, Alexander Djiku sukses membuat skor menjadi imbang. Memaksimalkan umpan Thomas Partey, Djiku yang berdiri tanpa pengawalan berhasil menendang dengan kaki kirinya hingga masuk ke dalam gawang Komoro.

Sayangnya, Ghana gagal mempertahankan kedudukan imbang. Pada menit 85, Komoro berhasil mencetak gol ketiga melalui aksi Ahmed Mogni usai bekerja sama dengan Benjaloud Youssouf.

Dalam waktu yang tersisa, Ghana tetap berusaha mencari gol tambahan. Namun, hingga laga berakhir, Komoro mampu mempertahankan keunggulan 3-2 atas Ghana.

Hasil ini membuat Ghana harus angkat koper lebih cepat dari Piala Afrika 2021 karena hanyan mengumpulkan 1 poin di klasemen akhir Grup C dan menempati posisi paling buncit.

Sedangkan, Komoro masih mungkin lolos ke fase gugur sambil menunggu hasil dari grup lain untuk memperebutkan di posisi ketiga terbaik.

Di sisi lain, Gabon dan Maroko yang bermain imbang 2-2 memastikan tiket ke babak 16 besar sebagai juara dan runner up grup.

Susunan pemain

Ghana: Joe Wollacott (PG); Andy Yiadom (Samuel Owusu 81'), Baba Rahman (Edmund Addo 45'), Daniel Amartey, Alexander Djiku, Thomas Partey, Daniel-Kofi Kyereh, Andre Ayew, Kamaldeen Sulemana (Richmond Boakye 60'), Abdul Fatawu Issahaku (Joseph Paintsil 60').

Komoro: Salim Ben Boina (Ali Ahamada 26') (PG); Benjaloud Youssouf, Kassim M'Dahoma, Younn Zahary, Fouad Bachirou, Youssouf M'Changama, Said Bakari, El Fardou Ben Nabouhane, Ahmed Mogni, Faiz Selemani, Ibroihim Djoudja (Faiz Mattoir 60').
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya