Hancurkan Guinea-Bissau, Nigeria Sempurna di Fase Grup Piala Afrika

Timnas Nigeria merayakan gol ke gawang Guinea-Bissau
Sumber :
  • CAF_Online

VIVA – Timnas Nigeria menghadapi Guinea-Bissau dalam laga terakhir Grup  Piala Afrika 2021 di Stadion Roumdé Adjia, Kamis dini hari WIB, 20 Januari 2022.

Tangkap Anggota KKB, Pos Satgas Operasi Damai Cartenz di Intan Jaya Papua Ditembaki

Nigeria sebenarnya sudah memastikan diri untuk lolos ke babak selanjutnya sebab berhasil memuncaki klasemen berkat koleksi 6 poin. 

Tercatat, pasukan Augustine Eguavoen berhasil menumbangkan Mesir 1-0 dan Sudan 3-1 pada.

Terkuak! Pelaku Berondong Tembakan ke Mako Polda Lampung ternyata Sindikat Maling Mobil

Meski begitu, Nigeria tepat tampil ngototmenghadapi Guinea-Bissau yang merupakan juru kunci klasemen. 

Nigeria mendominasi sejak babak pertama dimulai. Peluang emas didapat pada menit ke-15 melalui Semi Ajayi.

Geger Mako Polda Lampung Ditembaki OTK, Polisi Buru Pelaku

Mendapatkan umpan matang dari Kelechi Nwakali, Ajayi melepaskan sundulan dari jarak. Namun, bola malah tipis di samping gaang.

Empat menit kemudian giliran Chidera Ejuke yang mengancam melalui tendangannya dari luar kotak penalti. Namun, bola masih dapat diblok kiper Guinea-Bissau.

Kelechi Iheanacho mencoba peruntungannya pada menit ke-31 melalui tendangan kaki kiri dari sebelah kanan kotak 16 . Namun, masih bisa diselematkan kiper Guinea-Bissau.

Nigeria terus memberikan tekanan. Sebaliknya, Guinea-Bissau masih kesulitan membangun serangat karena Nigeria bermain sangat disiplin. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Nigeri akhirnya membuka keunggulan, tepatnya pada menit ke-56. Adalah Umar Sadiq yang mencatatkan namanya di papan skor.

Tembakannya dengan kaki kiri dari jarak yang sangat dekat ke sudut kiri bawah tak mampu dihalau, dan membuat Nigeria unggul 1-0.

Lima menit kemudian, pemain Guinea-Bissau Fali Candé melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Namun masih mampu dihalau Francis Uzoho.

Troost-Ekong menggandakan keunggulan untuk Nigeria menjadi 2-0. Dia tembakan dengan kaki kanan dari jarak yang sangat dekat ke tengah gawang melanjutkan tendangan sudut.

Gol itu menjadi yang terakhir dalam laga ini. Hingga wasit meniupkan peluit akhir, skor 2-0 untuk Nigeria tak berubah. 

Dengan hasil ini, Nigeria menjadi pemuncak klasemen Grup D, dengan hasil sempurna sembilan poin dari tiga laga. Sedangkan Guinea-Bissau di dasar klasemen dengan nilai nol.

Susunan Pemain:

Guinea-Bissau: Gomis, Silva Encada, Sanganté, Soriano Mané, Candé, Candé Nogueira, Barbosa Intima (Mendyat 70') , Pereira Camará (Semedoat 69'), Moro Cassamá (Ucha Alvesat 78'), Brito Silva (Ambriat 70'), Baldé (Rodrigues Teixeiraat 88')

Nigeri: Uzoho; Ebuehi, Ekong, Ajayi, Collins; Nwakali, Ndidi; Ejuke, Iwobi; Iheanacho, Sadiq.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya