Dihancurkan Pantai Gading, Juara Bertahan Piala Afrika Bernasib Tragis

Pemain Pantai Gading merayakan gol ke gawang Aljazair di Piala Afrika 2021
Sumber :
  • Afcon

VIVA – Juara bertahan Piala Afrika, Timnas Aljazair gagal lolos ke babak 16 besar usai dihancurkan Pantai Gading pada laga terakhir Grup E.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Bertanding di Stadion Douala, Kamerun, Kamis malam WIB, 21 Januari 2022, Aljazair tumbang dengan skor 1-3.

Aljazair sudah tertinggal ketika pertandingan berjalan 22 menit. Franck Kessie mencetak gol usai melakuan kerja sama ciamik dengan Pepe.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Pada menit ke-39, Pantai Gading menggandakan keunggulannya. Ibrahim Sangare membobol gawang Aljazair dengan tandukannya yang menyambut umpan tendangan bebas Aurier. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, tepatnya menit ke-54, Timnas Pantai Gading semakin menghempaskan Aljazair. Nicolas Pepe melepas sepakan akurat ke sisi kanan gawang Aljazair di kotak penalti dan membuat skor menjadi 3-0.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Pada menit 57, Aljazair mendapatkan peluang emas memperkecil ketertinggalan melalui tendangan penalti. Namun, Riyad Mahrez yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya.

Aljazair akhirnya mencetak gol di menit 73. Berawal dari sepak pojok, operan demi operan menuntun Sofiane Bendebka (pengganti Bennacer) menjebol gawang Pantai Gading dengan sundulannya. 3-1.

Panai Gading sejatinya sempat mencetak gol tambahan pada menit ke-76 melalui Kessie. Namun gol dianulir karena Pepe yang memberinya operan sudah lebih dahulu offside. 

Tak ada lagi gol yang tercipta, Pantai Gading unggul 3-1 hingga pertandingan berakhir. Kemenangan ini membuat Pantai Gading menjadi juara grup dengan poin tujuh dari tiga laga.

Sedangkan Aljazair terdampar di peringkat keempat setelah hanya meraih hasil sekali imbang dari tiga laga. Hasil ini membuat Aljazair gagal lolos ke babak 16 besar, dan harus menerima menyataan, gagal mempertahankan gelar.

Susunan Pemain: 

Pantai Gading: Badra Ali Sangare; Konan, Simon Deli, Odilon Kossounou, Serge Aurier; Franck Kessie, Jean Michael Seri, Ibrahim Sangare; Max-Alain Gradel, Sebastian Haller, Nicolas Pepe.

Ajazair: Rais M'Bolhi; Ramy Bensebaini, Abdelkader Bedrane, Aissa Mandi, Youcef Atal; Ramiz Zerrouki, Ismael Bennacer; Mohamed Youcef Belaili, Said Benrahma, Riyad Mahrez; Baghdad Bounedjah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya