Daftar Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Afrika 2021

Pertandingan Kamerun vs Ethiopia
Pertandingan Kamerun vs Ethiopia
Sumber :
  • twitter.com/CAF_Online

VIVA – Sebanyak 24 negara telah berjuang dan memainkan tiga pertandingan di fase grup Piala Afrika 2021. Hanya ada 16 tim yang berhak lolos ke sistem gugur.

Piala Afrika 2020 dipastikan bakal memiliki juara baru. Pasalnya, Aljazair yang berstatus juara bertahan bernasib tragis. Riyad Mahrez cs gagal melaju ke babak 16 besar usai digasak Pantai Gading pada laga terakhir.

Aljazair kalah 1-3 dari Pantai Gading. Kekalahan itu membuat mereka terdampar di posisi keempat, alias paling buncit dengan hanya mengoleksi satu poin.

Pemain Pantai Gading merayakan gol ke gawang Aljazair di Piala Afrika 2021

Pemain Pantai Gading merayakan gol ke gawang Aljazair di Piala Afrika 2021

Photo :
  • Afcon

Alhasil, Pantai Gading pun memuncaki klasemen Grup E dengan poin tujuh dari tiga pertandingan. Di tempat kedua ada Equatorial Guinea.

Dari Grup F, sebanyak tiga tim berhasil lolos ke babak 16 besar, yakni Mali yang berstatus juara grup. Kemudian ditemani Gambia di posisi runner-up, dan Tunisia setelah menduduki peringkat ketiga di klasemen tim tiga terbaik.

Dari Grup A juga jug ada tiga wakil ke fase gugur. Kamerun yang menjadi tuan rumah sukses lolos dengan status juara grup, Burkina Faso runner-up, dan Cape Verde tim tiga terbaik.