Kiper Burkina Faso Koprol Rayakan Lolos ke Perempatfinal Piala Afrika

Kiper Timnas Burkina Faso, Herve Koffi, merayakan kemenangan dengan koprol.
Sumber :
  • Twitter/@CAF_Online

VIVA – Timnas Burkina Faso berhasil melaju ke perempatfinal Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Gabon dalam pertandingan babak 16 besar di Stade Omnisport de Limbe, pada Minggu 23 Januari 2022. Burkina Faso unggul atas Gabon melalui drama adu penalti.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Keberhasilan Burkina Faso lolos ke perempatfinal tak lepas dari aksi heroik kiper mereka di babak adu penalti. Selain itu, dia juga menjadi berita utama seusai laga lantaran selebrasi koprolnya yang disorot banyak netizen.

Herve Koffi, yang sebelumnya menyelamatkan eksekusi pemain Gabon Guelor Kanga, lalu berjongkok di dekat garis lapangan sambil menunggu rekan setimnya Ismahila Ouedraogo melakukan sepakan penentuan.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Dan ketika bola meluncur mulus ke dalam gawang untuk memastikan kelolosan Burkina Faso lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021, Koffi melesat berlari dan kemudian melakukan koprol sebanyak enam kali. Sementara, pemain lainnya bergegas memberi selamat kepada Ouedraogo atas penalti penentunya.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Sedangkan Gabon, yang tanpa pemain andalan mereka, Pierre-Emerick Aubameyang di sepanjang turnamen, harus angkat koper kendati mereka tidak pernah sekalipun dalam waktu normal setelah mengukir rekor tak terkalahkan di grup mereka.

Aubameyang dan Mario Lemina, sama-sama dipulangkan oleh Federasi Sepakbola Gabon setelah dinyatakan positif COVID-19. Keduanya juga menjadi sasaran laporan bahwa mereka mengalami keluhan jantung, yang langsung dibantah oleh Arsenal.

Sementara itu, Burkina Faso akan menghadapi Tunisia di babak perempatfinal pada Sabtu 29 Januari 2022, saat mereka berusaha untuk meraih trofi perdana di Piala Afrika.

Pencapaian terbaik Burkina Faso di Piala Afrika adalah menjadi runner up pada edisi 2013. Selain itu, Burkina Faso juga pernah meraih tempat ketiga pada tahun 2017, tetapi gagal lolos pada 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya