Kasihan, Komoro Bakal Tanpa Kiper di Laga 16 Besar Piala Afrika

Kiper Timnas Komoro, Ali Ahamada.
Sumber :
  • SuperSport

VIVA – Kiper Timnas Komoro, Ali Ahamada, tidak akan bisa bermain dalam pertandingan perempatfinal Piala Afrika 2021 melawan Kamerun, pada Selasa 25 Januari 2022, dini hari WIB, meskipun telah dinyatakan negatif COVID-19.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Komoro mengumumkan, pada Senin pagi waktu setempat bahwa Ahamada telah dinyatakan negatif COVID-19 dan bisa bergabung kembali dengan skuad menjelang pertandingan yang bersejarah bagi negara tersebut.

Para pemain Timnas Komoro merayakan gol.

Photo :
  • Twitter/@CAF_Online
Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Namun, menurut laporan The Athletic, Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) akan mendesak Ahamada dan rekan setimnya Yacine Bourhane untuk menjalani periode isolasi selama lima hari.

Mereka juga harus mengikuti tes PCR 48 jam sebelum pertandingan tim mereka berikutnya, jika Komoro melaju ke perempatfinal turnamen ini dengan mengalahkan Kamerun dini hari nanti.

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Komoro masih berharap bisa memainkan Ahamada dengan mengajukan pengecualian, tapi langkah ini tidak dikabulkan.

2 Kiper Lain Juga Tidak Tersedia

Sementara itu, dua kiper Komoro lainnya juga tak tersedia untuk pertandingan tersebut. Moyadh Ousseiniare juga dinyatakan positif COVID-19, sedangkan kiper ketiga mereka, Salim Ben Boina, mengalami cedera.

Pelatih kepala Komoro, Amir Abdou, juga dinyatakan positif terpapar virus Corona.

Komoro merupakan debutan di Piala Afrika edisi kali ini dan secara sensasional lolos mengalahkan juara empat kali Ghana untuk mengamankan satu tempat di fase gugur.

Namun, harapan mereka untuk melaju lebih jauh dirusak oleh aturan turnamen, yang menentukan bahwa tim hanya membutuhkan 11 pemain yang tersedia untuk menjalani pertandingan, terlepas dari apakah jumlah itu termasuk penjaga gawang.

Pada hari Minggu, pelatih kiper Komoro, Jean-Daniel Padovani, mengatakan bahwa mereka sedang mempersiapkan pemain lapangan untuk tampil di bawah mistar gawang.

"Kami telah memilih pemain lapangan yang akan memulai pertandingan sebagai penjaga gawang. Dia adalah pemain yang selama latihan menunjukkan diri bahwa dia bisa bermain sebagai penjaga gawang," ujar Padovani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya