Imbas 8 Orang Tewas, 1 Laga Perempatfinal Piala Afrika Dipindahkan

Suporter saksikan laga Grup A Kamerun vs Burkina Faso di Stadion Olembe, Yaounde
Suporter saksikan laga Grup A Kamerun vs Burkina Faso di Stadion Olembe, Yaounde
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

VIVA – Satu pertandingan perempatfinal Piala Afrika 2021 dipindah dari Stadion Olembe di Yaounde, Kamerun. Hal itu, setelah insiden yang menewaskan sedikitnya delapan orang karena kerumunan tak terkendali pada Senin 24 Januari 2022.

Presiden Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) Patrice Motsepe menyatakan, pertandingan perempatfinal yang dimaksud akan dipindah ke Stadion Ahmadou Ahidjo yang juga berlokasi di Yaounde.

Pertandingan yang dipindahkan akan mempertemukan pemenang laga 16 besar Malawi vs Maroko dan Mesir vs Pantai Gading.

Stadion Olembe yang baru diresmikan 8 September 2021 setelah mulai dibangun sejak 2018 itu juga dijadwalkan menjadi lokasi pertandingan semifinal pada 3 Februari dan partai final tiga hari berselang.

Motsepe menyatakan bahwa ada kemungkinan dua pertandingan itu akan dipindah juga kecuali otoritas lokal Kamerun bisa menjamin adanya peningkatan pengamanan.

Mostepe juga mengatakan pihak CAF tengah meminta penjelasan dari panitia lokal Kamerun serta pemerintah setempat mengenai penyebab kerumunan tak terkendali serta mengapa salah satu gerbang di stadion yang seharusnya dibuka malah ditutup saat kejadian.

"Kami ingin langkah-langkah mendesak untuk memastikan insiden tidak berulang dan laporan rinci apa kesalahan yang terjadi pada Jumat," ujar Motsepe dalam jumpa pers dikutip dari Reuters, Rabu 26 Januari 2022.